Sabtu, 24 Agustus 2019
Angga Roni Priambodo : Senin, 12 Agustus 2019 | 17:30 WIB

Mobimoto.com - Kaca helm atau visor berfungsi sebagai pelindung wajah dan indera penglihatan dari berbagai gangguan saat berkendara. Oleh karena itu, bagian ini menjadi salah satu item terpenting, dan tak terhindarkan rawan benturan serta goresan.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai cara mengelap kaca dengan kain kasar, menggosok terlalu keras, terjatuh, sampai cara menyimpan helm yang kurang tepat.

Bagian Helm yang dijumpai di ajang IMOS 2018 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Seperti diwartakan Suzuki Indonesia, ada beberapa langkah untuk mengatasi goresan kaca di helm:

1. Pertama, lepaskan kaca dari helm, dilanjutkan mencuci kaca helm menggunakan air sabun dan upayakan membilasnya di bawah air mengalir agar kotoran yang masih menempel bisa lebih cepat hilang.

2. Selanjutnya, permukaan visor yang masih basah, diamplas perlahan dengan jenis amplas paling halus (1.500 – 2.200 SW) sembari disiram air yang mengalir.

3. Lakukan beberapa kali tahap ini, khususnya pada bagian kaca yang memiliki banyak goresan. Selesai diamplas, kaca memang akan terlihat kusam.

4. Selanjutnya keringkan kaca helm, kemudian poles bagian kusam tadi menggunakan white compound. Pakailah kain katun yang halus untuk mengerjakannya.

Sebelum melakukan empat langkah tadi, ada satu hal yang wajib diperhatikan.

Untuk mengetahui helm Anda tahan amplas atau tidak, cobalah terlebih dahulu mengamplas sedikit saja pada bagian pojok visor (dekat engsel). Bila tahan amplas, lanjutkan proses ke bagian tengah visor.

Namun bila goresan pada kaca helm terlalu banyak dan dalam, disarankan untuk tidak melakukan tips ini. Sebaiknya menggantinya dengan kaca helm yang baru.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.