Kamis, 23 Mei 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Rabu, 08 Mei 2019 | 09:15 WIB

Mobimoto.com - Setiap orang memiliki kriteria tertentu dalam memilih bahan bakar untuk kendaraan kesayangan. Tapi belum banyak yang tahu, ternyata setiap bahan bakar memiliki kelebihan masing-masing baik itu Pertamax maupun Premium.

Soal harga, Pertamax memang lebih mahal ketimbang Premium karena tergolong Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi. Pantas kalau lebih banyak pengendara yang memilih Premium dan Pertalite.

Dari wujudnya, dua bahan bakar itu pun berbeda. Premium berwarna kuning jernih dan memiliki kandungan oktan 88. Sedangkan Pertamax berwarna biru dengan kandungan oktan 92.

Nah, biar nggak bingung, ini dia kelebihan Pertamax dibandingkan Premium.

1. Menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Pertamax mengandung zat anti karat sehingga mampu menjaga kemurnian bahan bakar. Saat bahan bakar jernih dan proses pembakaran akan sempurna sehingga bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar.

2. Perawatan mesin injeksi lebih mudah.

Ilustrasi mesin. (altamotors.co)

Konon, Pertamax sangat cocok digunakan untuk kendaraan injeksi karena memiliki sifat detergency. Sifat tersebut menjamin kebersihan ruang bakar dan membuat mesin tidak mudah rusak.

3. Ramah lingkungan.

Selain memiliki oktan yang lebih tinggi dibandingan Premium, Pertamax juga tidak mengandung timbal. Jadi, gas buangnya lebih ramah lingkungan.

Kini, harga Pertamax per Mei 2019 Rp 9.850 per liter, sedangkan Premium dijual Rp 7.000 per liter.