Selasa, 21 Mei 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Selasa, 26 Maret 2019 | 20:45 WIB

Mobimoto.com - Mengandalkan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari, maka beberapa lembar uang di dompet akan jadi digunakan untuk mengisi bahan bakar. Kalau tidak cermat, bisa-bisa uang di dompet hanya untuk isi bensin doang, lho. Biar nggak tekor, sebaiknya kamu coba lihat 5 tips mengendarai motor agar irit bahan bakar, siapa tahu, uang lebihnya bisa untuk jajanin pacar.

Jangan lupa dicatat ya, Sob, karena 5 tips ini bisa membantu menghemat bahan bakar si kuda besi kesayangan, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Cara Berkendara

Ilustrasi Berkendara di Hujan Deras. (Motorcycle Island)

Cara berkendara, tak cuma soal posisi yang nyaman. Tapi juga harus bisa mengendalikan kecepatan motor dengan lebih stabil, supaya bahan bakar bisa lebih awet.

2. Cek Tekanan Ban

Ilustrasi Ban. (pexels.com/Artem Bali)

Nah, tekanan ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sepeda motor kamu, Sob. Kalau tekanan angin pada ban kurang, maka laju motor akan lebih berat sehingga butuh ekstra tenaga, yang artinya ekstra bahan bakar.

3. Kualitas Pelumas

Ilustrasi oli motor cepat habis. (YouTube/Jaret Campisi)

Jangan kompromi deh soal kualitas pelumas atau oli motor, Sob. Karena kualitas pelumas yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi motor akan membuat gesekan mesin lebih halus dan suhu mesin lebih terjaga dan konsumsi bahan bakar bisa jadi lebih hemat, deh.

4. Periksa Kondisi Busi

Ilustrasi busi berkerak. (bintangmotor.com)

Jangan malas untuk periksa kualitas busi yang dipakai. Siapa tahu sudah berumur dan harus diganti dengan yang baru. Karena, busi yang bermasalah bisa jadi sumber borosnya bahan bakar motor kamu, Sob.

5. Tahu Lebih Soal Sepeda Motor Kamu

Kawasaki Versys-X 250 Tourer. (Motorcycle Goobike)

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu servis motor kesayangan kamu? Lalu, perhatikan deh apa sih bahan bakar yang direkomendasikan oleh si produsen. Selain itu, cari tahu lebih lanjut soal fitur dan teknologi yang ada di sepeda motor kamu.

Nah, 5 tips mengendarai motor agar irit bahan bakar di atas, mudah kan, Sob? Kalau sudah irit bahan bakar, jadi lebih hemat dan bisa jajanin pacar, deh. Selamat mencoba