Selasa, 21 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 30 Agustus 2023 | 13:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tanki motor sport 150cc adalah salah satu komponen penting yang harus dirawat dengan baik. Tanki motor berfungsi untuk menyimpan bahan bakar yang digunakan oleh mesin.

Jika tanki motor berkarat, maka bisa mengganggu aliran bahan bakar dan merusak mesin.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips agar tanki motor sport 150cc tidak berkarat:

1. Bersihkan tanki motor secara rutin

Setidaknya sekali sebulan, buang sisa bahan bakar yang ada di dalam tanki dan cuci dengan air bersih. Gunakan sikat atau spons untuk menggosok bagian dalam tanki agar kotoran dan karat terangkat. Bilas dengan air bersih sampai bersih dan keringkan dengan lap atau kain.

2. Gunakan bahan bakar berkualitas

Bahan bakar yang berkualitas rendah bisa mengandung air, kotoran, atau zat kimia yang bisa menyebabkan karat pada tanki motor. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan memiliki oktan yang tinggi. Hindari juga mengisi bahan bakar di tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

3. Lindungi tanki motor dari cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem seperti panas, hujan, atau salju bisa mempengaruhi kondisi tanki motor. Panas bisa membuat bahan bakar menguap dan meninggalkan endapan di dalam tanki. Hujan atau salju bisa menyebabkan kelembaban dan korosi pada tanki. Oleh karena itu, simpanlah motor di tempat yang teduh dan kering. Jika perlu, gunakan penutup atau sarung motor untuk melindungi tanki dari debu dan sinar matahari langsung.

4. Gunakan pelapis anti karat

Pelapis anti karat adalah zat kimia yang bisa melapisi permukaan dalam tanki motor agar tidak mudah berkarat. Pelapis anti karat bisa dibeli di toko-toko aksesoris motor atau bengkel resmi. Cara menggunakannya adalah dengan mengisi tanki dengan pelapis anti karat sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan. Biarkan selama beberapa jam agar pelapis meresap ke seluruh bagian tanki. Kemudian buang sisa pelapis dan isi dengan bahan bakar seperti biasa.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa menjaga tanki motor sport 150cc Anda tetap bersih dan bebas dari karat. Tanki motor yang sehat akan membuat performa mesin lebih optimal dan hemat bahan bakar. Selamat mencoba!

BACA SELANJUTNYA

Gabut Di Rumah, Yuk Rawat Motor Kesayangan Biar Gak Rewel