Selasa, 21 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 02 Agustus 2023 | 07:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Rangka motor adalah bagian penting yang menopang seluruh komponen motor. Jika rangka motor berkarat, maka kualitas dan kekuatan rangka akan menurun.

Oleh karena itu, perawatan rangka motor sangat diperlukan agar motor tetap awet dan aman digunakan.

Berikut adalah beberapa tips agar rangka motor tak berkarat yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan rangka motor secara rutin, terutama setelah digunakan di jalan yang basah atau berlumpur. Gunakan lap kering atau kain mikrofiber untuk mengelap rangka motor dan menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Hindari menggunakan air atau sabun yang bisa menyebabkan karat.

2. Oleskan pelumas atau anti karat pada rangka motor secara berkala, misalnya setiap bulan atau setiap tiga bulan. Pilih produk pelumas atau anti karat yang berkualitas dan sesuai dengan jenis bahan rangka motor Anda. Pastikan Anda mengoleskan pelumas atau anti karat secara merata dan tipis pada seluruh permukaan rangka motor.

3. Lindungi rangka motor dari paparan sinar matahari langsung, hujan, atau udara lembab. Jika Anda tidak menggunakan motor, simpanlah di tempat yang teduh dan kering. Anda juga bisa menggunakan sarung motor untuk melindungi rangka motor dari debu atau kotoran yang bisa menyebabkan karat.

4. Periksa kondisi rangka motor secara berkala dan segera tangani jika ada tanda-tanda karat. Jika Anda menemukan karat pada rangka motor, segera bersihkan dengan sikat kawat atau amplas halus sampai karat hilang. Kemudian, oleskan cat dasar atau primer pada bagian yang terkena karat untuk mencegah karat muncul lagi.

5. Lakukan perawatan berkala di bengkel resmi atau terpercaya untuk memastikan kondisi rangka motor tetap prima. Anda bisa meminta mekanik untuk membersihkan, melumasi, dan melindungi rangka motor Anda dari karat. Anda juga bisa meminta saran atau rekomendasi produk pelumas atau anti karat yang cocok untuk rangka motor Anda.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa menjaga kebersihan, kesehatan, dan kekuatan rangka motor Anda.

Rangka motor yang bebas dari karat akan membuat motor Anda lebih awet, nyaman, dan aman digunakan. Selamat mencoba!

BACA SELANJUTNYA

Begini Cara Menjaga agar Ban Motor Tidak Lapuk