Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 31 Juli 2023 | 16:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Warna putih pada mobil merupakan salah satu pilihan warna yang banyak diminati oleh para pengguna mobil. Warna putih memiliki kelebihan seperti terlihat bersih, elegan, dan tidak mudah panas.

Namun, warna putih juga memiliki kelemahan, yaitu mudah kusam dan menguning jika tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara merawat warna putih pada mobil agar tetap terlihat cerah dan menawan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

1 Bersihkan mobil secara rutin

Hal ini penting untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda yang menempel pada cat mobil. Anda bisa mencuci mobil sendiri di rumah atau membawanya ke tempat cuci mobil profesional. Usahakan untuk mencuci mobil minimal seminggu sekali atau sesuai dengan kondisi mobil Anda.

2. Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil

Jangan menggunakan sabun cuci piring atau deterjen karena bisa merusak lapisan cat mobil. Sabun khusus untuk mencuci mobil biasanya mengandung bahan-bahan yang aman dan dapat melindungi cat mobil dari sinar UV, asam hujan, dan polusi udara.

3. Keringkan mobil dengan lap bersih dan halus

Setelah mencuci mobil, jangan biarkan air mengering sendiri di permukaan cat mobil karena bisa meninggalkan bekas noda atau bercak. Sebaiknya, keringkan mobil dengan lap bersih dan halus yang tidak akan menggores cat mobil. Anda bisa menggunakan lap microfiber atau kanebo untuk mengeringkan mobil.

4. Aplikasikan wax atau polish pada cat mobil

Wax atau polish berfungsi untuk memberikan kilau dan perlindungan ekstra pada cat mobil. Wax atau polish dapat mencegah cat mobil dari oksidasi, karat, dan jamur yang bisa menyebabkan warna putih menjadi kusam dan menguning. Anda bisa mengaplikasikan wax atau polish secara manual atau menggunakan mesin buffer.

5. Hindari parkir di bawah sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung bisa memudarkan warna cat mobil, terutama warna putih yang sensitif terhadap panas. Jika Anda harus parkir di luar ruangan, carilah tempat yang teduh atau gunakan penutup mobil untuk melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari.

6. Lakukan perawatan berkala di bengkel resmi

Selain merawat cat mobil sendiri di rumah, Anda juga perlu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil. Di bengkel resmi, Anda bisa mendapatkan pelayanan yang profesional dan berkualitas untuk menjaga kondisi cat mobil Anda.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa membuat warna putih pada mobil Anda tetap terlihat cerah dan menawan. Warna putih pada mobil tidak hanya menunjukkan kesan bersih dan elegan, tetapi juga mencerminkan kepribadian Anda yang optimis dan antusias. Jadi, jangan ragu untuk memilih warna putih untuk mobil Anda!

BACA SELANJUTNYA

Tips Memilih Asuransi Kendaraan, Perhatikan Faktor Berikut