Selasa, 16 April 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Senin, 29 Juli 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sepeda motor jenis adventure, semakin hari makin banyak yang mencari. Kegiatan riding jarak jauh dianggap lebih afdol ketika menggunakan motor di segmen khusus itu. Namun tak ada salahnya juga, jika menggunakan motor kecil untuk riding jarak jauh. Apalagi ada 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Mengutip dari saluran YouTube Motorcycle Adventures, banyak orang yang ingin mengendarai BMW R 1200 GS atau KTM Adventure 790 untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Mesin besar yang bertenaga, kapasitas bahan bakar yang lebih dari cukup, serta beragam opsi penyimpanan barang jadi nilai lebih.

Pun begitu, menggunakan motor kecil untuk kegiatan riding jarak jauh juga bisa mengasyikkan, kok.

1. Lebih Murah

Ya, riding jarak jauh dengan motor adventure yang besar dan bertenaga itu memang mengasyikkan. Tapi ada biaya lebih yang harus dikeluarkan.

Harga sepeda motor jenis adventure tidaklah murah. Sebuah BMW R 1200 GS, harganya bisa mencapai Rp 722 jutaan.

Selain itu, menggunakan motor khusus adventure, juga tidak memberikan jaminan perjalanan akan menyenangkan, bukan?

2. Lebih Ringan

Motor skutik Honda Forza (Suara.com/ Adit Rianto/ Peter Rotti)

Dengan mesin besar, kapasitas tangki bahan bakar yang juga besar membuat sepeda motor adventure punya bobot yang berat. Itu artinya pengendara motor harus mengeluarkan ekstra tenaga saat berkendara.

Menggunakan motor kecil untuk riding jarak jauh, tentu lebih ringan bobotnya. Sehingga tenaga pun tidak cepat terkuras.

3. Kecepatan Lebih Konstan

Satu yang ditawarkan dari mesin dengan kapasitas besar dari motor adventure, tentu kecepatan top speed yang luar biasa.

Namun saat melakukan riding jarak jauh, bukankan kecepatan yang konstan atau stabil lebih dibutuhkan daripada kecepatan tinggi?

4. Lebih Simpel

Seperti dibahas di atas, motor adventure biasanya selalu hadir dengan opsi penyimpanan barang yang banyak. Hal yang agak sulit dilakukan dengan motor kecil.

Tapi dengan motor yang lebih kecil, tentu kita akan membawa perlengkapan yang secukupnya alias lebih simpel.

5. Lebih Aman

Seorang peserta sedang beraksi dalam kejuaraan Safety Riding Japan Instructor Competition 2016 di Sirkuit Suzuka, Jepang (Astra Honda Motor/Suara.com/Insan A Krisnamusi)

Kegiatan riding jarak jauh tentu akan melintasi berbagai kondisi jalan, tak terkecuali jalanan di dalam kota dengan lalu lintas yang padat.

Motor adventure yang punya ukuran besar itu, tentu akan sedikit kesulitan bermanuver. Sebaliknya, motor kecil akan lebih gesit bermanuver di dalam kota.

Jadi, tak harus menunggu punya motor adventure, jika ingin riding jarak jauh. Karena dengan motor kecil pun ada keuntungannya, kok.

BACA SELANJUTNYA

Tiga Pilihan Metode Tambal Ban Tubeless dengan Benar, Silakan Dipilih!