Selasa, 16 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Sabtu, 06 Juli 2019 | 18:00 WIB

Mobimoto.com - Salah satu bagian sepeda motor yang harus diperhatikan adalah ban. Ada dua jenis ban motor yang umum digunakan yaitu tube type (menggunakan ban dalam) dan tubeless. Dibandingkan tube type, ada 5 keuntungan pakai ban motor jenis tubeless, lho.

Saat ini hampir semua sepeda motor menggunakan ban jenis tubeless sebagai bawaan pabrik.

Ban motor tubeless memang lebih bebas perawatan dibanding ban motor yang masih menggunakan ban dalam.

Biar makin afdol, yuk cari tahu 5 keuntungan menggunakan ban motor jenis tubeless.

1. Lebih Tahan Bocor

Cek tekanan ban. (motorcycle.com)

Ya, ban motor jenis tubeless lebih tahan bocor ketimbang ban motor jenis tube type. Meski tanpa ban dalam, ban tubeless masih mampu menampung udara untuk tetap mengembang. 

2. Lebih Praktis

Penggantian ban motor yang sudah usang. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

Karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam, jenis ban motor ini juga tentu lebih praktis dan mudah perawatannya.   

3. Lebih Aman dan Nyaman

Tips Memilih Ban Motor. (Suara.com/Manuel Jeghesta)

Kelebihan ban tubeless yang bisa dirasakan pengendara sepeda motor adalah keamanan dan kenyamanannya. Terutama saat menikung, karena ban tubeless memiliki tekstur ban yang keras sehingga mampu mencengkeram aspal lebih baik, sehingga lebih stabil saat menikung.

4. Masa Pakai Panjang

Selain perawatannya yang mudah, ban motor jenis tubeless juga punya masa pakai yang lebih panjang alias lebih awet. Rata-rata pemakaian ban tubeles bisa mencapai 1,5 tahun.  

5. Tidak Was-was Saat Hujan

Ilustrasi Berkendara di Kondisi Hujan. (Motorcycle Island)

Nah, saat musim hujan dan jalanan menjadi licin, ban tubeless bisa memberikan rasa aman dan nyaman daripada ban motor jenis tube type. Hal ini dikarenakan ban motor jenis tubeless punya alur yang lebih dalam dan variatif, sehingga bisa membelah genangan air lebih baik. 
 
Itulah 5 kelebihan menggunakan ban motor jenis tubeless yang bisa kamu rasakan. Kalau kamu masih menggunakan ban motor jenis tube type, tak ada salahnya siapkan anggaran untuk mengganti ban tubeless pada kuda besi kesayangan.