Jum'at, 26 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Jum'at, 07 Desember 2018 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Oknum yang tidak bertanggung jawab khusunya pelaku curanmor kini tak bisa bernapas lega. Sebuah alat canggih bernama drone 'anti maling-maling club', siap mengintai kalian yang berniat licik dan merugikan orang lain.

Sudah bukan hal yang baru jika drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) menjadi salah satu alat canggih di abad ini. Banyak kawula muda yang menggunakannya untuk hiburan dan merekam video.

Kendaraan udara yang menyerupai helikopter mini itu nantinya dioperasikan menggukanan remote control dan bisa mengintai apa yang terjadi dari ketinggian tertentu berkat sensor kamera yang terpasang.

Makin lama, drone tidak hanya difungsikan untuk menunjang dunia hiburan tapi juga hukum. 

Dikutip dari berbagai sumber, kepolisian London, Inggris sudah lama berencana memanfaatkan drone untuk menindak tindakan kriminal khususnya pelaku curanmor. Ide tersebut awalnya terinspirasi dari sebuah film dan berhasil mengungkap fakta yang mengejutkan.

Drone alias Unmanned Aerial Vehicle (UAV). (pcmag.com)

Saat itu, polisi tengah melakukan pengejaran kepada seorang pencuri remaja di ibu kota. Drone yang dijadikan alat bantu petugas untuk menangkap penjahat dapat menghindari tabrakan fatal yang terjadi antara mobil polisi dan mobil penjahat. Selain itu, drone juga berhasil menyelamatkan nyawa dan menemukan orang yang hilang.

Kecanggihan drone untuk sebagai alat anti maling-maling club sejatinya telah teruji sejak tahun 2007. Tapi terkendala karena masalah perizinan dari otoritas penerbangan sipil.

Melihat fenomena kecanggihan yang ada, kira-kira polisi Indonesia terinspirasi pakai drone juga nggak ya?

 

BACA SELANJUTNYA

Pakai Motor Curian Saat Lebaran, Ketahuan Pemilik Asli Saat Silaturahmi