Rabu, 05 Agustus 2020
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Jum'at, 02 November 2018 | 21:15 WIB

Mobimoto.com - Buat kalian doyan otomotif khususnya kendaraan antik, Kota Yogyakarta menawarkan satu destinasi menarik bernama Museum Merpati Motor. Didirikan oleh pengusaha bernama David Sunar Handoko, tempat tersebut menjadi istana kendaraan antik yang keren abis.

Berawal dari hobi dan melihat pasaran motor antik Indonesia di tahun 1980-an dikuasai negara Barat, hati David Sunar Handoko terketuk. Ia takut jika kendaraan antik Indonesia habis sehingga ia berencana mendirikan museum kecil.

Motor Harley Davidson Sportcaster keluaran 1959 menjadi motor pertama yang dibeli dengan harga Rp 3,5 juta. Setelah itu ia memborong berbagai jenis motor antik dari berbagai daerah untuk dikoleksi pada tahun 1989.

Setelah cukup puas 'bermain' dengan ratusan motor dari berbagai merek, ia lanjut mengoleksi mobil antik di tahun 1995 dan sepeda tua di tahun 2018. Tak cukup sampai di situ, pengusaha sukses tersebut juga mengoleksi atribut motor dan barang kuno.

Bahkan karena saking maniaknya dengan kendaraan antik dan nekat mendirikan museum, seorang turis pernah menyebutnya sebagai 'Crazy Man' (orang gila).

David Sunar Handoko, pemilik Museum Merpati Motor Yogyakarta (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)

Disebut museum, karena memang banyak koleksi yang dipamerkan di Museum Merpati Motor. Tercatat ada 300 motor, 60 mobil, 500 sepeda, 800 miniatur mobil disusun rapi di sudut demi sudut ruangan Museum Merpati Motor Yogyakarta.

Dari dunia motor ada berbagai merek seperti Harley Davidson, Honda CB, Kawasaki, Vespa, Norton Indian, Birmigham Small Arms (BSA). Sedangkan dari mobil ada merek Fiat, VW Bettle, Jeep, Mini Cooper, Chevrolet, Toyota Sport dan masih banyak lagi.

Yang tak kalah hebat, semua koleksi kendaraan antik dan benda kuno dalam kondisi terawat dan layak pakai. Jadi pengunjung tidak akan dibuat rugi, sesuai cita-cita sang pemilik.

Koleksi kendaraan antik di Museum Merpati Yogyakarta. (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)

''Saya ingin memberikan kontribusi bagi Indonesia dengan cara memiliki museum yang bisa dibanggakan di seluruh dunia,'' ungkap David Sunar Handoko kepada Mobimoto.com.

Dari sederet koleksi yang dipamerkan, motor Harley Davidson Knucklehead buatan Amerika Serikat menjadi yang termahal karena harga jualnya mencapai Rp 3-4 miliar.

Saat ditanya bagaimana jika ada orang yang menawarkan motor atau mobil antik, sang pemilik mengaku jika ia menerapkan sistem barter lantaran tempat yang sudah penuh dan koleksi yang bejibun.

Koleksi kendaraan antik di Museum Merpati Motor Yogyakarta. (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)

''Karena koleksi sudah terlalu banyak, jadi tuker-tukeran. Beli satu tapi ya jual satu biar tempat nggak penuh,'' tandasnya.

Sebagai catatan, meski dikenal sebagai istana dan surga kendaraan antik, tidak semua kendaraan bisa unjuk gigi di Museum Merpati Yogyakarta. Ada empat kriteria yang kendaraan bisa dikatakan layak, yaitu: kendaraan berjaya dan terkenal di masanya, edisi khusus (limited edition), kendaraan khusus, milik orang terkenal dan unik.

Sang empunya istana kendaraan antik pun mengaku jika pengunjung Museum Merpati Motor setidaknya harus mendapatkan 3E (Entertain, Education dan Evolution) saat berkunjung.

Koleksi kendaraan antik di Museum Merpati Motor Yogyakarta. (Mobimoto.com/Husna Rahmayunita)

''Saya harap pengunjung di sini bisa mendapatkan ilmu baru tentang kendaraan antik (education), kemudian melihat sejarahnya (evolution) dan tentunya mendapat hiburan (entertain)'' tutup David Sunar Handoko.

Buat kalian yang penasaran, Museum Merpati Motor berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan No.88, Ngampilan, Yogyakarta. Buka untuk umum setiap hari Senin-Sabtu pukul 09.00-16.30 WIB dengan biaya retribusi sebesar Rp 40.000.

Mantap banget kan Sob?

BACA SELANJUTNYA

Harley-Davidson Satu ini Nggak Boleh Turun Ke Jalanan, Kok Bisa?