Jum'at, 03 Mei 2024
Gagah Radhitya Widiaseno : Selasa, 23 April 2024 | 08:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pernahkah kalian mengalami situasi menegangkan saat terjebak di dalam mobil karena pintunya tidak bisa dibuka? Tenang, kaliantidak sendirian.

Banyak pemilik mobil, terutama pemula, yang pernah mengalami hal ini. Hal ini bukanlah rusak, melainkan ada penyebab lain yang bisa membuat pintu mobil macet.

Alih-alih panik, mari cari tahu penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi biang keladi di balik pintu mobil yang macet dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Si Kecil Terkunci di Dalam?

Fitur Child Safety Lock yang masih aktif bisa menjadi penyebab utama. Fitur ini memang didesain untuk keamanan anak, sehingga pintu tidak bisa dibuka dari dalam maupun luar. Pastikan fitur ini dimatikan jika tidak ada anak-anak di dalam mobil.

2. Handle Penuh Kotoran?

Siapa sangka, handle pintu yang kotor bisa menjadi penghalang. Kotoran yang menumpuk dapat membuat handle seret dan sulit dioperasikan. Lama kelamaan, kotoran ini bisa berkarat dan memperparah situasinya. Rutinlah membersihkan handle pintu untuk mencegah hal ini terjadi.

3. Benturan Berakibat Fatal

Pernahkah mobilmu mengalami benturan? Benturan keras dapat mengubah posisi komponen handle pintu, sehingga proses kerjanya terganggu. Selain itu, benturan juga bisa menyebabkan kerusakan fisik seperti lecet atau pecah pada bagian pintu.

4. Motor Penggerak Berkarat

Motor penggerak yang berkarat akibat usia juga bisa menjadi penyebab pintu macet. Karat membuat motor tidak bekerja dengan optimal, sehingga pintu menjadi sulit dibuka, bahkan terkunci sepenuhnya.

5. Kabel Penghubung Bermasalah

Pintu mobil terhubung dengan kabel. Jika kabel ini terputus atau mengalami kerusakan, maka sinyal untuk membuka pintu bisa terhambat. Biasanya, masalah ini hanya terjadi pada satu pintu saja.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika kamu terjebak dalam situasi ini, jangan panik! Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba:

  • Periksa apakah fitur Child Safety Lock aktif.
  • Bersihkan handle pintu dengan seksama.
  • Periksa apakah ada kerusakan fisik pada pintu akibat benturan.
  • Coba buka pintu dari luar dengan kunci.
  • Hubungi bengkel terdekat jika kamu tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

BACA SELANJUTNYA

Sedia Payung Sebelum Hujan, Kenali Kemunculan Jamur pada Kaca Mobil