Jum'at, 19 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 05 Oktober 2023 | 19:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Warna kendaraan Anda bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan penampilan dan nilai jualnya. Namun, warna kendaraan juga bisa memudar seiring waktu, terutama jika sering terpapar sinar matahari yang terik.

Lalu, bagaimana cara menjaga warna kendaraan agar tetap cerah dan awet? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan wax atau pelindung cat

Wax atau pelindung cat berfungsi untuk melapisi permukaan kendaraan Anda dengan lapisan tipis yang bisa menahan panas dan debu. Wax atau pelindung cat juga bisa memberikan efek mengkilap pada warna kendaraan Anda. Anda bisa mengaplikasikan wax atau pelindung cat secara rutin, misalnya setiap bulan atau setiap dua bulan sekali.

2. Hindari parkir di tempat terbuka

Jika memungkinkan, parkirlah kendaraan Anda di tempat yang teduh, seperti di bawah pohon, di dalam garasi, atau di bawah atap. Hal ini bisa mengurangi paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak warna kendaraan Anda. Jika tidak ada tempat teduh, Anda bisa menggunakan penutup kendaraan yang sesuai dengan ukuran dan bentuk kendaraan Anda.

3. Bersihkan kendaraan secara teratur

Kotoran yang menempel pada permukaan kendaraan Anda bisa menyebabkan warna kendaraan Anda menjadi kusam dan kotor. Oleh karena itu, bersihkanlah kendaraan Anda secara teratur dengan menggunakan air bersih dan sabun khusus untuk kendaraan. Jangan lupa untuk mengeringkan kendaraan Anda setelah dicuci agar tidak ada sisa air yang bisa meninggalkan noda atau karat.

4. Lakukan perawatan cat secara berkala

Jika warna kendaraan Anda sudah mulai pudar atau mengelupas, Anda bisa melakukan perawatan cat secara berkala di bengkel atau salon mobil. Anda bisa memilih untuk melakukan poles cat, coating cat, atau cat ulang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Perawatan cat ini bisa membantu mengembalikan warna kendaraan Anda menjadi lebih segar dan baru.

BACA SELANJUTNYA

Wujudkan Impian Mobil dengan Kredit Cerdas, Ini Panduan Lengkap untuk Pemula