Selasa, 21 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 20 September 2023 | 20:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mobil SUV bekas bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan kapasitas besar dan performa tangguh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil SUV bekas agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mencari mobil SUV bekas:

1. Tentukan jenis dan model mobil SUV yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda

Ada banyak pilihan mobil SUV di pasaran, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, dari yang bertenaga bensin hingga diesel, dari yang bertransmisi manual hingga otomatis, dan lain-lain. Anda harus mengetahui spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing mobil SUV, serta membandingkan harga dan kualitasnya.

2. Periksa kondisi fisik dan mesin mobil SUV secara menyeluruh

Jangan hanya melihat tampilan luarnya saja, tetapi juga cek bagian dalamnya, seperti interior, dashboard, kelistrikan, AC, rem, ban, suspensi, dan lain-lain. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan atau keausan yang signifikan. Jika perlu, bawa mekanik atau teman yang ahli untuk membantu Anda mengecek mobil SUV.

3. Lakukan test drive untuk merasakan performa dan kenyamanan mobil SUV

Ini adalah langkah penting untuk mengetahui apakah mobil SUV sesuai dengan harapan Anda atau tidak. Cobalah mengemudikan mobil SUV di berbagai kondisi jalan, seperti jalanan lurus, berkelok, menanjak, menurun, macet, dan lain-lain. Perhatikan juga suara mesin, akselerasi, handling, konsumsi bahan bakar, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman berkendara Anda.

4. Negosiasi harga dengan penjual secara bijak

Setelah Anda menemukan mobil SUV yang cocok dengan kriteria Anda, saatnya untuk berbicara soal harga. Anda bisa mencari tahu harga pasaran mobil SUV tersebut di internet atau media lainnya, lalu bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual. Jangan ragu untuk menawar harga jika Anda merasa ada hal-hal yang kurang sesuai atau perlu diperbaiki pada mobil SUV tersebut. Namun, jangan juga terlalu rendah menawar harga sehingga menyinggung penjual atau merugikan diri sendiri.

5. Lakukan pembayaran secara aman dan legal

Jika Anda sudah sepakat dengan harga dan kondisi mobil SUV, langkah terakhir adalah melakukan pembayaran dan pengurusan dokumen. Pastikan Anda membayar melalui rekening bank atau metode lain yang bisa dilacak dan dibuktikan. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dan surat-surat kendaraan yang lengkap dan sah dari penjual. Periksa juga nomor rangka dan mesin mobil SUV apakah sesuai dengan surat-suratnya atau tidak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa mendapatkan mobil SUV bekas yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda. Selamat berburu mobil SUV bekas!

BACA SELANJUTNYA

10 Faktor yang Harus Diperhatikan sebelum Beli Mobil Pertama, Apa Saja?