Selasa, 21 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 19 September 2023 | 14:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kaki-kaki adalah salah satu komponen penting yang menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaki-kaki yang bermasalah bisa menyebabkan mobil goyang, bergetar, atau bahkan oleng saat berbelok.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil bekas, Anda harus memeriksa kondisi kaki-kaki dengan teliti. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa kondisi ban

Ban yang aus atau bocor bisa mengurangi daya cengkeram dan stabilitas mobil. Pastikan ban masih memiliki alur yang dalam dan tidak ada kerusakan seperti sobekan, benjolan, atau retak. Jika perlu, ganti ban dengan yang baru.

2. Periksa kondisi shock absorber

Shock absorber adalah peredam kejut yang berfungsi untuk menyerap getaran dan goncangan saat mobil melintasi jalan yang tidak rata. Shock absorber yang rusak bisa menyebabkan mobil terasa keras dan tidak nyaman. Anda bisa memeriksa shock absorber dengan cara menekan-nakan bodi mobil di depan dan belakang. Jika mobil kembali ke posisi semula dengan cepat dan tanpa bunyi, berarti shock absorber masih baik. Jika mobil terlalu lama kembali ke posisi semula atau ada bunyi-bunyi aneh, berarti shock absorber perlu diganti.

3. Periksa kondisi ball joint

Ball joint adalah sendi bola yang menghubungkan roda dengan arm atau lengan penggerak roda. Ball joint yang aus atau longgar bisa menyebabkan roda bergeser atau bergetar saat mobil berjalan. Anda bisa memeriksa ball joint dengan cara mengangkat roda menggunakan dongkrak dan menggerakkan roda ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan. Jika ada gerakan atau bunyi yang tidak normal, berarti ball joint perlu diganti.

4. Periksa kondisi tie rod

Tie rod adalah batang penghubung antara roda dengan setir. Tie rod yang aus atau longgar bisa menyebabkan setir berat atau tidak stabil saat mobil berbelok. Anda bisa memeriksa tie rod dengan cara menggerakkan setir ke kiri dan ke kanan saat mobil dalam keadaan mati. Jika ada bunyi-bunyi gesekan atau geseran, berarti tie rod perlu diganti.

Dengan melakukan pemeriksaan kaki-kaki secara rutin, Anda bisa menjaga kualitas dan performa mobil Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya perawatan dan menghindari risiko kecelakaan yang disebabkan oleh kaki-kaki yang bermasalah. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas.

BACA SELANJUTNYA

Ban Mobil: Si Mungil Penting Penentu Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara