Kamis, 13 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 27 Agustus 2023 | 21:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sangat berguna bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang bisa memanfaatkan mobil secara maksimal. Ada yang jarang menggunakan mobil karena alasan tertentu, seperti bekerja dari rumah, memiliki kendaraan lain, atau sedang berada di luar kota. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?

Jika ya, Anda harus berhati-hati karena mobil yang jarang dipakai bisa mengalami masalah pada aki. Aki adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan dan mengeluarkan arus listrik untuk menghidupkan mesin dan sistem elektronik mobil. Jika aki tidak mendapatkan arus listrik yang cukup dari alternator, maka aki bisa tekor atau mati.

Aki tekor bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter, lampu tidak menyala, klakson tidak berbunyi, atau sistem elektronik lainnya tidak berfungsi. Tentu saja, hal ini sangat merepotkan dan bisa mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda harus melakukan beberapa tips agar aki tidak gampang tekor meskipun mobil jarang dipakai.

Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan membiarkan mobil parkir terlalu lama tanpa digunakan

Usahakan untuk menyalakan mesin mobil setidaknya sekali dalam seminggu selama 15-20 menit. Hal ini akan membantu mengisi daya aki dan menjaga kinerja mesin.

2. Jangan menyalakan sistem elektronik mobil tanpa menyalakan mesin

Hal ini akan membuat aki bekerja lebih keras dan menguras daya lebih cepat. Jika Anda ingin mendengarkan musik atau menyalakan lampu dalam mobil, pastikan mesin juga menyala.

3. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi aki secara rutin

Perhatikan apakah ada kerusakan, kebocoran, atau karat pada aki. Jika ada, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, periksa juga tingkat air aki dan pastikan selalu terisi penuh.

4. Jangan ragu untuk menggunakan alat bantu seperti charger aki atau maintainer aki

Charger aki adalah alat yang bisa mengisi daya aki secara cepat dan mudah dengan cara dicolokkan ke sumber listrik. Maintainer aki adalah alat yang bisa menjaga daya aki tetap stabil dengan cara dipasang pada terminal aki. Kedua alat ini sangat berguna jika Anda tidak bisa menyalakan mesin mobil secara rutin.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa menjaga kondisi aki mobil Anda tetap prima meskipun jarang dipakai. Aki yang sehat akan membuat mobil Anda lebih awet dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat!

BACA SELANJUTNYA

Usir Bau Tak Sedap Pada Helm Kesayangan, Jangan Lewatkan Tips Ini