Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 25 Agustus 2023 | 14:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Rangka motor adalah bagian yang paling penting untuk menopang seluruh komponen motor, termasuk mesin, suspensi, roda, dan lain-lain.

Rangka motor juga berfungsi untuk memberikan keseimbangan dan stabilitas saat berkendara. Namun, apakah rangka motor perlu dirawat secara rutin? Jawabannya adalah tidak.

Rangka motor biasanya terbuat dari bahan logam yang kuat dan tahan karat, seperti baja atau aluminium. Bahan ini tidak mudah rusak atau berkarat meskipun terkena air, debu, atau panas.

Selama rangka motor tidak mengalami benturan keras atau kecelakaan yang menyebabkan keretakan atau penyok, maka rangka motor tidak perlu diperbaiki atau diganti.

Namun, bukan berarti rangka motor bisa diabaikan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi rangka motor agar tetap prima, khususnya untuk motor-motor yang dikenal punya frame mudah berkarat seperti yang viral baru-baru ini.

Pertama, bersihkan rangka motor secara berkala dengan menggunakan lap basah atau kain microfiber. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada rangka motor dan bisa menyebabkan goresan.

Kedua, oleskan pelumas atau wax pada rangka motor setelah dibersihkan. Hal ini berguna untuk melindungi rangka motor dari karat dan memberikan kilau pada permukaannya.

Ketiga, hindari parkir motor di bawah sinar matahari langsung atau tempat yang lembab. Hal ini berguna untuk mencegah rangka motor terkena panas berlebih atau jamur yang bisa merusak cat atau lapisan pelindungnya.

Jika masih risau, bongkar motor, lakukan pelapisan ekstra dengan cat anti karat pada rangka motor untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Daripada keluar uang sejutaan, ya kan?

Dengan melakukan perawatan sederhana ini, rangka motor bisa tetap awet dan tampil menarik.

Rangka motor yang sehat juga akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Jadi, jangan ragu untuk merawat rangka motor Anda sesekali ya!

BACA SELANJUTNYA

Tips Jitu Pilih Ban Motor Baru, Biar Kenyamanan dan Keamanan Berkendara Terjamin