Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 25 Juli 2023 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mobil yang irit bensin adalah impian banyak orang, terutama di tengah harga bahan bakar yang terus naik. Namun, bagaimana cara memilih mobil yang irit bensin?

Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menemukan mobil yang hemat bahan bakar.

1. Perhatikan kapasitas mesin

Mesin yang besar biasanya mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada mesin yang kecil.

Oleh karena itu, pilihlah mobil dengan kapasitas mesin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering berkendara di kota, mobil dengan mesin 1000 cc atau 1500 cc sudah cukup.

Jika Anda sering bepergian jauh atau menanjak, mobil dengan mesin 2000 cc atau lebih bisa menjadi pilihan.

2. Perhatikan teknologi mesin

Teknologi mesin yang canggih bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Beberapa contoh teknologi mesin yang irit bensin adalah turbocharger, direct injection, variable valve timing, dan hybrid.

Cari tahu apakah mobil yang Anda minati memiliki teknologi mesin tersebut atau tidak.

3. Perhatikan berat mobil

Berat mobil juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Mobil yang berat membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak, sehingga menghabiskan bahan bakar lebih banyak.

Pilihlah mobil dengan berat yang sesuai dengan kapasitas mesin dan ukuran bodi. Hindari mobil yang terlalu berat atau terlalu ringan.

4. Perhatikan aerodinamika

Aerodinamika adalah ilmu yang mempelajari aliran udara di sekitar benda, termasuk mobil. Mobil yang aerodinamis memiliki hambatan udara yang rendah, sehingga bisa melaju lebih cepat dan hemat bahan bakar.

Bentuk bodi, spoiler, grill, dan aksesori lainnya bisa mempengaruhi aerodinamika mobil. Pilihlah mobil dengan desain yang aerodinamis dan minimalis.

5. Perhatikan ban

Ban juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Ban yang tebal, lebar, dan bertekstur kasar biasanya memiliki gesekan yang tinggi dengan permukaan jalan, sehingga mengurangi kecepatan dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Pilihlah ban dengan ukuran, tekanan, dan pola tapak yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan kondisi jalan.

Itulah beberapa tips memilih mobil yang irit bensin. Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, Anda bisa mendapatkan mobil yang tidak hanya nyaman dan aman, tapi juga hemat biaya operasional. Selamat mencari mobil impian Anda!

BACA SELANJUTNYA

Tips agar Transmisi Mobil CVT Awet, Ini 6 Hal yang Perlu Dilakukan