Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 24 Juli 2023 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Motor bekas murah bisa menjadi pilihan yang cerdas dan hemat biaya, asalkan Anda tahu cara memilihnya dengan benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menemukan motor bekas murah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Tentukan anggaran dan jenis motor yang Anda inginkan. Anggaran adalah faktor utama yang menentukan pilihan motor bekas murah yang Anda bisa beli. Sesuaikan anggaran Anda dengan jenis motor yang Anda inginkan, apakah itu motor bebek, matic, sport, atau trail. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan biaya perawatan dan pajak yang harus Anda bayar setiap tahunnya.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang motor bekas murah yang Anda minati. Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet, majalah, koran, atau teman-teman yang sudah berpengalaman. Cari tahu spesifikasi, kelebihan, kekurangan, harga pasaran, dan riwayat perbaikan dari motor bekas murah yang Anda incar. Hal ini akan membantu Anda menilai kondisi dan kelayakan motor tersebut.

3. Periksa kondisi fisik dan mesin motor bekas murah secara langsung. Jangan hanya percaya pada kata-kata penjual atau iklan saja. Anda harus melihat dan mencoba sendiri motor bekas murah yang Anda mau beli. Periksa kondisi fisik motor, seperti bodi, ban, lampu, kelistrikan, kabel, rem, dan lain-lain. Pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang parah. Selain itu, periksa juga kondisi mesin motor, seperti suara, getaran, asap, oli, bensin, dan lain-lain. Pastikan mesin motor masih berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah.

4. Tawar harga dengan bijak dan wajar. Setelah Anda memeriksa kondisi motor bekas murah secara menyeluruh, saatnya untuk menawar harga dengan penjual. Tawarlah harga dengan bijak dan wajar, sesuai dengan kondisi dan kualitas motor tersebut. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam menawar harga, karena hal ini bisa membuat penjual merasa tidak nyaman atau tersinggung. Jika perlu, minta bukti surat-surat kendaraan dan nota pembelian untuk memastikan legalitas motor tersebut.

5. Lakukan transaksi secara aman dan resmi. Jika Anda sudah sepakat dengan harga yang ditawarkan oleh penjual, maka langkah terakhir adalah melakukan transaksi secara aman dan resmi. Bayarlah uang tunai atau transfer ke rekening penjual sesuai dengan kesepakatan. Jangan lupa juga untuk minta kwitansi pembayaran dan surat jalan sebagai bukti transaksi. Selain itu, segera urus proses balik nama kendaraan di Samsat terdekat untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari.

Itulah beberapa tips memilih motor bekas murah untuk berdagang di pasar yang bisa Anda terapkan. Dengan tips ini, semoga Anda bisa mendapatkan motor bekas murah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berburu dan berdagang!

BACA SELANJUTNYA

Memelihara Mobil Sedan Lawas: Pantangan dan Tips Penting