Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 21 Juli 2023 | 18:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Salah satu hal yang paling penting dalam dunia transportasi adalah sumber energi kendaraan.

Sumber energi adalah bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan mesin kendaraan, seperti mobil, motor, bus, kereta api, pesawat, dan lain-lain.

Ada berbagai macam sumber energi kendaraan yang saat ini digunakan atau dikembangkan, antara lain:

1. BBM (Bahan Bakar Minyak)

Ini adalah sumber energi yang paling umum dan banyak digunakan di seluruh dunia. BBM berasal dari minyak bumi yang diolah menjadi berbagai jenis, seperti bensin, solar, avtur, dan lain-lain.

Kelebihan BBM adalah mudah didapatkan, murah, dan memiliki daya jelajah yang tinggi. Namun, kekurangan BBM adalah menyebabkan polusi udara, habisnya sumber minyak bumi, dan ketergantungan pada negara penghasil minyak.

2. Listrik

Ini adalah sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Listrik digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang ada di dalam kendaraan listrik, seperti mobil listrik, sepeda listrik, kereta api listrik, dan lain-lain.

Kelebihan listrik adalah tidak menghasilkan emisi gas buang, hemat bahan bakar, dan mudah diisi ulang. Namun, kekurangan listrik adalah memiliki daya jelajah yang rendah, membutuhkan infrastruktur pengisian yang belum merata, dan kapasitas baterai yang terbatas.

3. Hidrogen

Ini adalah sumber energi yang sangat potensial dan inovatif. Hidrogen digunakan untuk menggerakkan sel bahan bakar (fuel cell) yang ada di dalam kendaraan hidrogen, seperti mobil hidrogen, bus hidrogen, dan lain-lain.

Kelebihan hidrogen adalah sangat ramah lingkungan, karena hanya menghasilkan air sebagai produk sampingannya. Selain itu, hidrogen juga memiliki daya jelajah yang tinggi dan dapat dihasilkan dari berbagai sumber energi terbarukan.

Namun, kekurangan hidrogen adalah mahal, sulit disimpan dan ditransportasikan, dan membutuhkan teknologi yang masih berkembang.

4. Hybrid

Ini adalah sumber energi yang merupakan kombinasi dari dua atau lebih sumber energi lainnya. Hybrid digunakan untuk menggerakkan kendaraan hybrid, seperti mobil hybrid, bus hybrid, kereta api hybrid, dan lain-lain.

Kelebihan hybrid adalah dapat mengoptimalkan kinerja dan efisiensi dari masing-masing sumber energi yang digunakan. Selain itu, hybrid juga dapat mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan daya jelajah. Namun, kekurangan hybrid adalah kompleks, mahal, dan membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam sumber energi kendaraan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang dunia transportasi yang semakin maju dan berkembang.

BACA SELANJUTNYA

Panduan Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Lengkap dengan Checklist Inspeksi Kondisi Kendaraan