Jum'at, 20 September 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Senin, 08 Juli 2019 | 15:00 WIB

Mobimoto.com - Bagi penggemar serial anime Initial D, tentu tidak asing dengan mobil tunggangan Takumi Fujiwara, Toyota Corolla AE86. Banyak yang kemudian terinspirasi untuk memodifikasi mobilnya agar mirip seperti dalam film. Tapi kali ini, seorang pemilik Toyota Corolla AE86 melakukan modiifkasi mesin dengan mengganti mesinnya dengan milik Nissan dan menghasilkan tenaga yang tidak terkira.

Dilansir Super Street Online, seorang pemilik Toyota Corolla AE86 bernama Daiel Lynch melakukan swap engine, yaitu mengganti mesin 1.6 liter 4A-GE dengan mesin Nissan SR20DET.

Mesin 4A-GE bawaan Toyota Corolla AE86 bukannya tak bertenaga, tapi Daniel ingin mobil miliknya itu lebih cepat dari sebuah Mitsubishi Lancer Evolution, yang juga merupakan miliknya.

"Aku punya cukup pengalaman dengan mobil model lama seperti Toyota Supra atau Toyota Cellica, tapi untuk Toyota Corolla AE86, adalah yang pertama kalinya," kata Daniel Lynch.

Karena itulah Daniel merasa asing dan agak kesulitan saat ingin memodifikasi, dengan mengganti mesin Toyota Corolla AE86 dengan mesin Nissan SR20DET.

Mesin Nissan SR20DET Pada Toyota Corolla AE86. (Super Street/Dax Rodriguez)

"Pada awalnya, aku hanya ingin tetap menggunakan mesin orisinil Toyota Corolla AE86  saja, tapi kemudian Aku malah ingin mobil ini lain daripada yang lain," jelas Daniel.

Menjejali mesin Nissan SR20DET ke dalam Toyoa Corolla AE86 tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, Daniel juga harus melakukan penyesuaian terhadap komputer, sistem turbo bahkan hingga memodifikasi bodi dan sasisnya.

Meski terlihat tak mudah, tapi tentu terbayar dengan hasil akhirnya. Dengan mesin Nissan SR20DET, kini Toyota Corolla AE86 milik Daniel Lynch mampu menghasilkan tenaga hingga 350 daya kuda dan torsi sebesar 416 Nm.

Tenaga sebesar itu tentu jauh lebih besar daripada mesin asli Toyota Corolla AE86 yang hanya mampu menyemburkan 112 daya kuda, dan torsi 132 Nm.