Selasa, 16 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Rabu, 03 Juli 2019 | 13:00 WIB

Mobimoto.com - Ada banyak hal yang bisa ditemui di jalanan. Terkadang bikin kita penasaran, seperti yang ditemukan pemobil satu ini. Saat melaju di jalan tol, ia meneemukan bus yang juga sedang melaju di lajur kiri. Yang mencuri perhatian sekaligus bikin penasaran adalah bus tersebut melaju tanpa salah satu rodanya.

Bus warna hijau yang diketahui dari Perusahaan Otobus (PO) Gunung Harta ini melaju di jalan tol tanpa roda kanan belakang tidak ada.

Dari video unggahan M Rafli Bagas Satria terlihat bus tersebut melaju dengan kecepatan rendah di lajur paling kiri (jalur lambat).

Seperti kita ketahui bersama, bus menggunakan enam buah roda, masing-masing dua di depan dan empat di belakang.

Itu artinya bus PO Gunung Harta melaju hanya dengan menggunakan lima roda saja. Namun begitu, terihat kalau bus masih melaju dengan cukup stabil.

Tapi kemudian banyak juga warganet yang paham dan memberikan penjelasan. Seperti komentar Alfie Adhitya yang mengatakan bus tersebut masih aman untuk melaju "Aman, kan Axle belakang itu fungsinya lebih untuk bantu manuver aja,"

Sedangkan menurut warganet bernama Insan Kelana "Jadi gini, sebetulnya kurang aman dan dapat merusak komponen juga, walaupun triple axle dan belakangnya bisa bermanuver tapi ingat sasis bus ini lebih panjang dan dimensi mesin juga lebih besar, dan pastinya kemampuannya akan berkurang apabila menggunakan satu ban di axle paling belakang."

Dikabarkan juga bus tersebut tidak membawa penumpang dan sedang menuju pool untuk perbaikan. "Info dari manajemen GHTS bus ini ada problem rem di axle res steering, survival ban dilepas untuk menyampaikan ke pool terdekat. FYI, axle belakang memang bisa diangkat untuk kepentingan tertentu." Ujar Kurnia Lesani Adnan.