Selasa, 23 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Rabu, 15 Mei 2019 | 14:00 WIB

Mobimoto.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono kini tengah banjir pujian. Apalagi kalau bukan soal keputusannya yang merelakan rumahnya digusur untuk pembangunan jalan tol.

Kabar tersebut awalnya disampaikan oleh Mahfud MD lewat jejaring sosial Twitter. Banyak orang yang kemudian salut dengan sikap yang ditunjukkan oleh menteri berusia 64 tahun itu.

Menariknya, potret kesederhaan Basuki Hadimuljono juga tercermin lewat koleksi mobil yang dimiliki. Tak seperti pejabat lainnya yang doyan membeli mobil mewah, ia hanya memiliki dua mobil.

Hal itu bisa dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada tahun 2014. Pun kalau ditotal harganya, koleksi mobil Basuki Hadimuljono sejumlah Rp 428,6 juta.

Nah, kira-kira mobil apa saja ya? Yuk langsung aja cek di bawah ini.

1. Honda Accord

Ilustrasi Honda Accord. (honda-indonesia.com)

Menteri PUPR diketahui memiliki sedan Honda Accord lansiran tahun 2006. Mobil itu dibeli pada tahun 2010 dengan harga Rp 295 juta.

Honda Accord dikenal sebagai mobil sedan premium keluaran produsen otomotif Jepang. Kalau dilihat dari spesifikasinya, mobil itu mengusung mesin 2,4L 4-silinder yang mampu memuncratkan tenaga 176 HP. Sedangkan untuk harga pasaran di tahun ini, mobil baru dibanderol Rp 660 jutaaan.

2. Toyota Yaris

Ilustrasi Toyota Yaris. (Carscoops)

Mobil kedua Basuki Hadimuljono adalah Toyota Yaris keluaran tahun 2012. Mobil itu dibeli dengan harga Rp 133, 6 juta.

Pabrikan Toyota awalnya mengenalkan Toyota Yaris pada tahun 1999 di Eropa. Setelah itu, mobil berjenis hatchback tersebut mengepakkan sayap ke negara lain dan langsung menyedot perhatian penggemar.