Selasa, 23 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 15 Mei 2019 | 09:02 WIB

Mobimoto.com - Tak selalu mulus, terkadang ada kendala yang menanti di setiap pembangunan jalan tol, termasuk kendala pembebasan lahan. Karena tak jarang pembangunan jalan tol terpaksa membuat rumah warga tergusur, tak terkecuali rumah milik Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menteri satu ini kabarnya rela rumahnya digusur demi pembangunan jalan tol. Tol ini rencananya akan menghubungkan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Tergusurnya rumah Basuki tersebut menjadi sorotan banyak pihak, termasuk Mahfud MD.

Mahfud MD saat berfoto bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Twitter/@mohmahfudmd)

Melalui akun Twitternya, Mahfud mengapresiasi tergusurnya rumah menteri tersebut.

''Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono di Bekasi akan digusur utk proyek jalan tol. Padahal dialah yg menjadi pimpinan pembuatan jalan.'' ujar Mahfud melalui akun Twitter pribadinya(15/5).

''Dulu diberitakan ada pejabat daerah yg membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat utk Pak Basuki.'' imbuhnya.

Menurut Mahfud, Menteri PUPR ini merupakan sosok yang sederhana dan rendah hati.

''Saya dapat cerita dari teman-temannya betapa sederhananya gaya hidup Pak Basuki. Sejak mahasiswa dulu, termasuk saat studi di USA, ibadahnya kenceng, termasuk rajin salat tahajjud utk selalu bermunajat kpd Allah. Dia adalah pejabat yang rendah hati.'' tutur Mahfud.

Digusurnya rumah menteri tersebut tentu menjadi yang pertama kali dalam sejarah di mana belum ada sebelumnya rumah menteri yang terkena penggusuran, apalagi jika digusur demi jalan tol.