Kamis, 25 April 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Senin, 04 Februari 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Angkutan umum seperti bus dalam kota, bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) atau angkot memang dikenal suka ugal-ugalan. Sering ditemui para pengemudi bus ataupun angkot yang melaju dengan kecepatan tinggi sampai ngeblong (berjalan melawan arah). 

Aksi ugal-ugalan para pengemudi angkutan umum memang selalu bikin geregetan masyarakat pengguna jalan dan juga netizen. Di Garut, Jawa Barat, melalui rekaman CCTV, terlihat sebuah angkot ngeblong dan tabrak pemotor hingga terpental.

Kejadian ini kemudian viral di jejaring Facebook, setelah diunggah oleh Hanip Pokpok. Video tersebut memperlihatkan kondisi jalan yang cukup sempit dengan markah garis utuh. Sebagaimana diketahui bersama, marka garis utuh tidak boleh dilewati. Artinya setiap kendaraan tidak bisa mendahului di jalan dengan markah garis utuh.

Dalam video tersebut, terlihat arus lalu lintas yang cukup lengang. Jalan dengan marka garis utuh itu pun tidak terlalu lebar. Satu lajur, cukup untuk menampung sebuah mobil dan sebuah motor.

Kemudian ada dua orang pemotor dari sisi kanan jalan, yang hendak menyeberang. Melihat kondisi jalan yang lengang, kedua pemotor ini pun dengan percaya diri melintasi jalan agar sampai di lajur kiri.

Sampai kemudian, sebuah mobil minibus yang merupakan sebuah angkot, ngeblong karena akan mendahului mobil putih yang sudah melambat guna memberi kesempatan untuk dua pemotor menyeberang.

Angkot tersebut melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan pengereman. Beruntung bagi pemotor kedua, karena masih sempat menyelamatkan diri dengan masuk ke sebuah gang. Nahas bagi pemotor yang ada di depan, karena tidak ada cukup waktu untuk menepi atau menghindari terjangan angkot yang ngeblong.

Pemotor itu pun terpental cukup jauh, dan angkot berwarna pink itu baru berhenti setelah bagian bawah mobil tersangkut motor.

Kejadian ini pun sampai mengagetkan beberapa pejalan kaki dan disambut dengan komentar bernada kesal dari para netizen.

'' Saya heran sama mobil angkutan elf,gak di mana2 suka ugal2an, saya juga yg kadang naik jenis angkutan yg satu inibsuka was was,'' tulis Akiyana di kolom komentar.

''Padahal garis gak putus putus tetep aja nyalip.'' Kata Septio Gorbachev.

Kejadian ini tentu saja jadi pelajaran untuk semua pengguna jalan, agar lebih berhati-hati lagi dalam mengendarai motor ataupun mobil, agar tercipta kondisi yang aman dan nyaman untuk semuanya.

BACA SELANJUTNYA

Keren! Angkot Jurusan Bekasi-Mekkah Hadir di Indonesia, Cobain Deh