Jum'at, 19 Juli 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Jum'at, 21 Desember 2018 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Perusahaan otomotif multinasional, Jaguar Land Rover baru meluncurkan fitur canggih untuk kaum disabilitas. Fitur tersebut berupa pintu mobil otomatis yang bisa terbuka tanpa sentuhan tangan.

Jaguar Land Rover mengembangkan fitur yang menggabungkan sensor gerakan dengan teknologi tanpa kunci untuk mendeteksi pengemudi yang mendekat ke arah pintu mobil.

Perusahaan mengklaim jika pintu mobil otomatis sangat penting bagi kaum disabilitas khususnya mereka yang hidup hanya mengandalkan satu tangan. Selain itu, bisa mempermudah sopir berkebutuhan khusus yang bertugas mengangkut barang-barang besar.

Namun begitu, ternyata fitur yang dikembangkan Jaguar Land Rover tersebut mirip dengan yang pernah dibuat Rolls Royce dan Tesla. Sebuah sensor radar dipasang untuk memastikan pintu otomatis hanya mengenali pergerakan manusia.

Bisa terbuka secara otomatis tanpa sentuhan tangan, pintu otomatis ala Land RoverJaguar juga bisa ditutup dari dalam dengan menekan tombol overhead. Pengemudi pun dapat mengonfirmasi pintu untuk menutup dan mengunci saat mereka berjalan pergi.

Fitur pintu mobil otomatis bagi kaum disabilitas dari Jaguar Land Rover. (carscoops.com)

Keistimewaan yang ditawarkan Jaguar Land Rover kepada penyandang disabilitas kemudian mendapat apresiasi dari Mark Ormrod, seorang mantan Royal Marine Commando dan Triple Amputee yang kini hidup mengandalkan satu tangan.

''Teknologi Jaguar Land Rover yang inovatif ini akan sangat bermanfaat bagi saya dan memiliki kekuatan nyata untuk mengubah kehidupan mereka yang sering bermasalah saat masuk dan keluar dari mobil,'' ujar Mark Ormrod seperti yang dikutip dari laman Carscoops.

Mantan komandan perang itu juga menambahkan jika aktivitas membuka dan menutup pintu mobil sering membuat orang berkebutuhan khusus frustrasi.

''Membuka dan menutup pintu mobil mungkin tampak seperti tugas yang tidak penting bagi banyak orang, tetapi kadang-kadang itu adalah hambatan kecil sehari-hari yang dianggap orang remeh tapi membuat frustrasi bagi mereka yang hidup dengan keterbatasan,'' ungkap Mark Ormrod.

Terlepas dari semuanya, meski sudah memamerkan keistimewaan dari fitur baru, Jaguar Land Rover belum memastikan kapan fitur itu bisa diproduksi.

BACA SELANJUTNYA

Meski Disabilitas, Semangat Driver Ojol yang Satu Ini Mencuri Hati Warganet