Jum'at, 13 Desember 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 07 November 2018 | 09:15 WIB

Mobimoto.com - Persaingan bisnis memang kejam dan tak pandang bulu. Di level korporat atau perusahaan besar, jika mereka kurang inovatif atau unik, maka tentu mereka akan mengalami kesulitan menghadapi tekanan kompetitor.

Hal ini juga berlaku di Industri otomotif. Perusahaan-perusahaan ini pernah berjaya di masanya, namun harus gulung tikar, punah termakan jaman. Hal ini terjadi di semua tempat, termasuk Amerika. Siapa saja mereka?

Berikut 5 perusahaan otomotif asal Amerika yang sekarang telah 'punah'

1. Oldsmobile 

Oldsmobile. (bringatrailer.com)

Perusahaan ini berdiri 1908 dan menjadi salah satu pionir mobil transmisi otomatis. Namun karena penjualannya yang terus menurun, perusahaan ini berhenti produksi, ditutup oleh induknya, GM, pada tahun 2000.

2. Plymouth 

Plymouth. (americanmusclecarmuseum.com)

Plymouth adalah perusahaan bentukan Chrysler yg bertujuan menahan laju dominasi mobil segmen bawah oleh Ford dan Chevrolet. Berdirilah perusahaan ini 1920. Hingga akhirnya perusahaan ini harus gulung tikar 2001.

3. Mercury

Mercury. (kbb.com)

Saat didirikan, mobil ini diharapkan menjadi 'jembatan' antara mobil Ford dan Lincoln di mana keduanya memiliki gap harga yang terbilang jauh. Namun perusahaan yang didirikan 1930 ini harus 'disuntik mati' pada 2011.

4. Pontiac

Pontiac. (topspeed.com)

Perusahaan ini didirikan 1926 dan sempat menjadi merek mobil favorit beberapa saat setelahnya. Namun GM selaku perusahaan induk mengalami permasalahan finansial, perusahaan ini terpaksa harus ditutup pada 2010.

5. Hummer

Hummer. (wikipedia.org)

Dibanding perusahaan lainnya, Hummer tergolong masih muda karena baru berdiri 1992. 7 tahun kemudian, perusahaan ini dibeli oleh GM, namun lagi lagi karena terbentur krisis, perusahaan ini harus menutup produksi dari Hummer.

Itulah lima perusahaan otomotif asal Amerika yang pernah berjaya namun harus gulung tikar sekarang. Sangat disayangkan.