Selasa, 23 Juli 2019
Dany Garjito | Husna Rahmayunita : Senin, 13 Mei 2019 | 10:00 WIB

Mobimoto.com - Selain sebagai pelindung, baju atau pakaian bisa menggambarkan identitas seseorang. Tak terkecuali baju balap alias wearpack yang dipakai pembalap MotoGP seperti Marc Marquez.

Marc Marquez selama ini dikenal sebagai pembalap yang tangguh dan mematikan. Baju yang ia pakai dirancang oleh Alpinestars, perancang baju kenamaan MotoGP.

Tentunya, baju tersebut bukan baju sembarangan karena dapat melindungi diriya saat melaju dengan kecepatan tinggi. Tak hanya terbuat dari bahan khusus, proses pembuatan baju juga dilakukan secara istimewa.

Biar nggak penasaran, ini dia 5 keistimewaan baju balap Marc Marquez seperti yang dikutip dari laman boxrepsol.com.

1. Kulit kanguru

Berbentuk tebal dan kaku, ternyata baju balap Marc Marquez dibuat dari kulit kanguru. Menariknya, material tersebut tahan terhadap abrasi.

2. Dijahit dengan tangan

Marc Marquez. (elnacional.cat)

Untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan maksimal, baju balap dijahit dengan tangan. Dengan proses tersebut, kualitas baju pun kian terjamin.

3. Dibuat selama 7,5 jam

Setiap satu setel baju balap Marc Marquez terbuat dari 13 potongan kulit. Untuk menyatukan potongan-potongan itu para pekerja kurang lebih membutuhkan waktu 7,5 jam.

4. Dilengkapi airbag

Marc Marquez. (Instagram/@marcmarquez93)

Sebagai jaminan keselamatan, baju balap juga dilengkapi dengan airbag canggih. Fitur tersebut akan mengembang selama lima detik setelah pembalap jatuh dan berfungsi secara otomatis sebelum pembalap mencium aspal.

5. Bahan armor

Selain terdiri dari 13 potong, baju balap tersebut memiliki enam potong pelindung di bagian dalam. Masing-masing terdiri dari dua pelindung di bagian lengan, dua di kaki, satu di dada dan satu untuk punggung. Semuanya berfungsi untuk memberikan kekuataan saat pembalap terjatuh.