Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Praba Mustika : Rabu, 18 Juli 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Hari Minggu (22/7) ajang balap Formula 1 akan kembali digelar dan seri ke-11 akan dihelat di sirkuit Hockenheimring yang terletak di Hockenheim, Jerman.

Berbicara soal sirkuit sepanjang 4.5 KM ini, penggemar balap Formula 1 tentu masih teringat soal musim 2010 di mana terjadi skandal yang mencederai sportifitas.

Skandal yang melibatkan dua pebalap Scuderia Ferrari Marlboro, Felipe Massa dan Fernando Alonso, membuat tim berkelir merah dengan logo kuda jingkrak itu dikenakan hukuman oleh FIA.

Beruntung untuk tim yang berbasis di Italia itu tidak mendapat hukuman tambahan.

Kejadian itu bermula di tikungan terakhir di lap ke-49 dengan kondisi Felipe Massa berada di posisi terdepan. Dibelakangnya ada rekan setimnya, Fernando Alonso.

Kemudian Rob Smedley mengirimkan instruksi kepada Felipe Massa melalui radio. Instruksi singkat tersebut berbunyi "Ok, so, Fernando is faster than you. Can you confirm you understood that message?"

Kemudian, pebalap asal Brazil itu dengan enggan memberikan jalan kepada Alonso dan membiarkannya memimpin balapan hingga usai.

Setelahnya, Smedley meminta maaf melalui pesan radio "OK mate good lad, stick with him now, sorry."

Rob Smedley/zimbio.com

Setelah balapan, Ferrari dikenakan hukuman denda sebesar 100.000 dolar AS karena telah melanggar peraturan tentang team order. Walaupun Fernando Alonso dan Felipe Massa tetap berhak menaiki podium pertama dan kedua di Hockenheimring.

Dikutip dari motorsport.com, Smedley menjelaskan bahwa itu adalah perintah yang dikehendaki oleh tim, bukan dirinya sendiri.

Ia mengatakan bahwa ia hanya menjalankan perintah tim yang diubah di tengah-tengah balapan.

Akankah skandal ini terulang kembali di ajang balap Formula 1?

BACA SELANJUTNYA

Bagai Pinang Dibelas Dua, Faktanya Helm MotoGP dan Formula 1 Berbeda!