Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Praba Mustika : Rabu, 18 Juli 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pasca kemenangan pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez di sirkuit Sachsenring, media sosial sempat diramaikan dengan penampakan foto ban belakang RC213V tunggangan Marquez yang ditutupi kain hitam.

Foto Ban Belakang Marquez yang Ditutup/youtube

Kemudian netizen mulai ramai membicarakan dan mengomentari hal tersebut. Sebagian besar netizen menyebutnya dengan "ban ghoib" yang menjadi faktor kemenangan Marc Marquez.

Tak sedikit pula yang berkomentar, mengatakan bahwa menutup ban usai race adalah hal yang sudah biasa dan tidak ada maksud atau tujuan apapun.

Ada juga yang mengatakan bahwa ban belakang YZR-M1 milik Vinales juga ditutup, hanya saja tidak terlihat di videonya.

Penasaran, Mobimoto coba mencari tahu apa alasannya. Sebuah forum otomotif yang berbasis di Australia, sempat membahas tentang hal ini.

Ternyata alasannya adalah agar menjaga ban tetap panas dan tidak cepat dingin. Karena ban yang telah digunakan di sebuah race akan dianalisis oleh produsen ban, yang menyuplai tim-tim di MotoGP.

Jika ban terlalu cepat dingin, maka tim analis akan kesulitan mendapatkan informasi karena bahan dan konstruksi ban sudah berbeda.

Jadi sudah terjawab ya sob, kenapa ban belakang Honda RC213V yang ditunggangi Marc Marquez langsung ditutup setelah race berlangsung.

BACA SELANJUTNYA

Ketahui Rahasia CBS, Sistem Pengereman yang Mampu Selamatkan Nyawa Pemotor