Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 01 September 2023 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Knalpot motor atau mobil adalah salah satu komponen yang rentan berkarat karena sering terkena air, debu, dan panas.

Karat tidak hanya merusak penampilan knalpot, tetapi juga mengurangi performa dan kualitas suara.

Untuk mencegah hal ini, berikut adalah beberapa tips agar knalpot motor atau mobil tak berkarat:

1. Bersihkan knalpot secara rutin dengan kain lap basah dan sabun. Jangan gunakan sikat atau bahan abrasif yang bisa menggores permukaan knalpot. Keringkan knalpot dengan kain lap kering setelah dibersihkan.

2. Oleskan pelindung anti karat seperti WD-40, silicone spray, atau vaseline pada bagian dalam dan luar knalpot. Lakukan ini setiap sebulan sekali atau setelah mencuci knalpot. Pastikan knalpot sudah dingin sebelum mengoleskan pelindung anti karat.

3. Hindari parkir di tempat yang lembab, basah, atau berpasir. Tempat-tempat ini bisa mempercepat proses korosi pada knalpot. Jika terpaksa parkir di tempat seperti itu, segera bersihkan dan oleskan pelindung anti karat pada knalpot setelah sampai di rumah.

4. Ganti knalpot yang sudah berkarat dengan yang baru. Jika knalpot sudah terlalu berkarat dan tidak bisa dibersihkan lagi, sebaiknya ganti dengan yang baru. Knalpot yang baru biasanya sudah dilapisi dengan bahan anti karat yang bisa melindungi dari korosi.

BACA SELANJUTNYA

Tips Jitu Pilih Ban Motor Baru, Biar Kenyamanan dan Keamanan Berkendara Terjamin