Kamis, 18 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 26 September 2022 | 18:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Berbicara mengenai marketplace tentu akan ada banyak jenis marketplace yang ada di Indonesia. Salah satunya marketplace Ukur yang memberikan penawaran terhadap produk yang diperjual belikan dengan titik fokus bidangnya yaitu pada konstruksi atau toko bangunan online.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk membantu meringankan kesibukan Anda ketika membangun rumah. Karena pasti akan lebih mudah dan terarah dengan baik ketika menggunakan atau memanfaatkan teknologi yang canggih seperti platform Ukur tersebut.

Jangan khawatir karena pada kenyataannya marketplace Ukur akan menyediakan beragam fitur yang memudahkan Anda dalam berbelanja aneka toko bahan bangunan online.

Disamping akan memberikan dukungan secara penuh dan memberdayakan pedagang atau penjual atau toko bahan bangunan kecil dan menengah hingga skala besar. Memperdaya dalam memberikan dan melayani pelanggan secara mudah.

Jenis-jenis Marketplace

Ilustrasi material bangunan. (Pexel)

Sebelum Anda tahu secara lengkap mengenai platform Ukur, ada baiknya mengetahui secara umum gambaran marketplace melalui jenis-jenis marketplace yang ditawarkan atau yang ada di Indonesia.

Karena hal tersebut akan memberikan Anda pengetahuan tambahan Anda bisa memperhatikan hal ini untuk bisa membedakan sebuah marketplace tergolong jenis marketplace apa. Sebab pada dasarnya jenis marketplace sebenarnya ada dua bentuk yang perlu Anda tahu yaitu murni dan konsinyasi.

Dengan begitu, akan dijabarkan informasi mengenai apa yang dimaksud marketplace jenis murni dan konsinyasi.

1. Marketplace Murni

Pertama jenis marketplace yang perlu Anda tahu yaitu marketplace murni artinya dalam kerja sama yang dibangun penjual banyak mempunyai keleluasaan atau kebebasan jika dibandingkan dengan kerja sama konsinyasi.

Sebagai gambaran paling mudahnya yaitu seperti kustomisasi toko bangunan online yang ada, Anda bisa mulai dari mengubah tampilan, mengkategorikan produk, sekaligus menentukan pilihan jasa pengiriman. Hal tersebut akan membuat kerja sama lebih terasa fleksibel dengan semua dukungan yang diberikan, akan tetapi tetap harus sesuai dengan peraturan dari platform yang berlaku.

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis marketplace kedua yaitu marketplace konsinyasi. Kerjasama pada marketplace jenis ini mengibaratkan penjual hanya perlu untuk menyediakan barang dengan detail informasinya terkait produk tersebut yang akan diperjual belikan pada marketplace tersebut.

Akan tetapi, sesuai dengan berkembangnya yang ada beberapa marketplace murni sekarang telah mulai menggunakan model konsinyasi seperti menambahkan Official Store atau Mall yang menunjukkan toko bangunan online yang telah melakukan kerjasama dengan pihaknya.

Manfaat Menggunakan Marketplace Toko Bangunan Online

Setelah Anda paham bagaimana penjelasan mengenai jenis marketplace di atas, kini bisa melanjutkan ke manfaat yang didapat ketika menggunakan marketplace tersebut.

1. Kumpulan Pembeli dan Penjual Bahan Bangunan

Manfaat pertama yang dapat dirasakan dari adanya marketplace yaitu Anda manfaatkan tempat ini untuk salah satu tempat dimana para pembeli atau penjual berkumpul. Tentunya tidak hanya satu toko yang berada di kota-kota tertentu saja, akan tetapi juga berbagai pembeli dan penjual toko bangunan dari seluruh kota di Indonesia bisa untuk menjangkaunya.

Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi seorang penjual yang ingin mendapatkan pembeli dengan lebih mudah dan cepat. Anda tinggal melakukan langkah membuat toko bangunan online dengan akun masing-masing.

2. Menghubungkan Antara Pembeli dengan Penjual

Manfaat marketplace toko bangunan online selanjutnya yaitu berperan atau bermanfaat untuk perantara atau penghubung antara penjual dan pembeli. Nantinya para pembeli akan lebih mudah mendapatkan penjual bahan bangunan yang tepat dengan cara mengakses marketplace yang tersedia. Oleh sebab itu, kebutuhan para pembeli pun akan cepat diperoleh meskipun hanya melakukan transaksi secara online melalui ponsel masing-masing.

3. Menjalin Relasi Antar Pedagang dengan Pedagang Lain

Manfaat ketiga yaitu dapat dijadikan tempat sebagai wadah jalinan relasi antar pedagang dengan pedagang lainnya. Bagi Anda seorang pedagang, bisa banget bertukar pikiran atau pendapat dengan pedagang lain baik itu mengenai produk atau hal lainnya. Anda bisa dengan mudah terhubung dan menjalin kerjasama, kerjasama tentang semua hal yang akan saling menguntungkan.

4. Sarana Promosi Tanpa Adanya Pungutan Biaya

Manfaat keempat atau menjadi terakhir yang akan dibahas yaitu marketplace toko bangunan online merupakan tempat atau platform jual beli yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana promosi secara gratis. Hal tersebut dikarenakan penggunaannya yang mudah, Anda tidak perlu dan tidak membutuhkan pungutan biaya lainnya untuk mempromosikan setiap produk yang ingin dipasarkan. Dengan hal tersebut Anda bisa lebih menghemat biaya saat ingin memulai usaha.

Rekomendasi Tempat Bahan Bangunan Terbaik

Marketplace Online Ukur. (Ukur.com)

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa salah satu tempat atau marketplace terbaik konstruksi yaitu Ukur.com. Platform Ukur yang merupakan sebuah marketplace yang mempunyai fokus bidang konstruksi atau kumpulan dari toko bangunan online yang didirikan sekaligus dibentuk oleh Felix Demas Handoko pada tahun 2020.

Beliau percaya bahwa dengan adanya bantuan internet maka marketplace yang dibangunnya yaitu Ukur akan mengundang banyak traffic atau "online presence" yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang yaitu penjual maupun pembelinya.

Ditambah adanya tujuan dari mendirikan Ukur.com sendiri yaitu sebagai marketplace konstruksi yang berawal dari banyaknya masalah yang ditemukan dengan konstruksi seperti harga konstruksi yang terlalu tinggi karena banyaknya markup, banyaknya penengah atau broker di dunia konstruksi dan pembayaran yang cenderung membutuhkan proses lama.

Di sini nanti pemilik toko bangunan online di Ukur akan mendapatkan fasilitas yang menarik dan mudah dalam prosesnya. Pemilik toko bangunan online hanya perlu mempelajari cara-cara untuk mengupload produk, keterangan dalam penjualan yang perlu diisi, dan proses transaksi pembelian berlangsung di platform Ukur.

BACA SELANJUTNYA

Pantang Tumpul agar Dapur Mengepul, 8 Potret Aksi Ojol Ini Bikin Heran