Kamis, 22 Agustus 2019
Angga Roni Priambodo : Jum'at, 07 Juni 2019 | 08:00 WIB

Mobimoto.com - Keinginan memperbaharui kendaraan, seringkali  dilakukan dengan  menjual mobil lama. Nah, ini ada sejumlah trik yang bisa Anda jadikan panduan untuk menjual mobil dengan harga tinggi.

Ingat ya, jangan karena ingin ganti mobil, maka Anda cenderung terburu-buru untuk melepasnya. Jangan sampai Anda kelak menyesal, karena harga yang Anda tetapkan ternyata tak sebanding dengan harga jual seharusnya.

Demi mencegah hal ini terjadi, berikut 5 tips yang bisa Anda ikuti agar harga jual mobil Anda tetap tinggi, seperti diambil dari berbagai sumber;

1. Cuci mesin dan bersihkan kaca
Sebelum Anda promosikan, tentunya harus diyakini benar soal kualitas mesin dan perawatan kebersihannya. Untuk cuci mesin, sebaiknya dilakukan di diler yang biasa melayani atau bengkel terbaik yang Anda kenal. Demikian juga untuk kebersihan bodi dan kaca, sebaiknya pilih layanan yang paling baik.

2. Bersihkan bagian interior
Biasanya bagian jok adalah hal yang pertama menjadi perhatian saat calon pembeli melihat mobil yang akan dibelinya. Sebelum Anda promosikan, sebaiknya jok dibersihkan dari jamur. Jika jok sudah robek-robek, belilah penutup jok yang lebih pantas. Jangan lupa untuk ke salon mobil dan bersihkan bagian dalam dengan lebih profesional. Jika perlu, beri juga parfum di dalamnya.

3. Promosikan lewat berbagai media
Selain mempromosikannya dari mulut ke mulut, sebaiknya promosikan juga lewat media sosial (medsos). Tawarkan dengan harga yang "masuk akal", sesuai dengan harga jual yang seharusnya. Bagi Anda yang mempromosikannya lewat medsos, Anda bisa mengunduh juga foto-foto mobil Anda. Di sini dibutuhkan kelihaian Anda untuk mempromosikannya lewat foto, dengan mengunduh bagian-bagian menarik mobil Anda, sehingga calon pembeli tertarik. Jangan lupa caption yang sifatnya menarik, seperti "mobil masih mulus, tanpa dempul" atau "perawatan rutin dan tak pernah kecelakan" dan lainnya.

4. Tunjukkan riwayat perawatan rutin
Setelah ada calon pembeli yang menyatakan tertarik dan akan mengecek mobil, siapkan riwayat perawatan rutin yang Anda lakukan selama ini. Biasanya, harga bisa lebih tinggi jika perawatan dilakukan di diler resmi.

5. Jangan terburu-buru melepas
Sebaiknya jangan terburu-buru melepas mobil Anda. Menemui beberapa calon pembeli lebih disarankan daripada Anda melepasnya, karena sudah merasa sreg. Anda harus waspada dengan oknum pedagang, yang mencari harga serendah-rendahnya, walaupun dia tahu bahwa mobil Anda sangat layak harga tinggi. Carilah calon pembeli yang paling pantas mendapatkan mobil Anda, dan ini baru bisa Anda ketahui setelah Anda menemui beberapa calon.

Suara.com/Febiola Febrinastri