Jum'at, 29 Maret 2024
Galih Priatmojo | Praba Mustika : Rabu, 01 Mei 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kondisi busi pada mobil, akan sangat mempengaruhi bagaimana perfomra mobil ketika diajak berkendara. Makannya, kita harus rajin merawat dan memeriksa kondisi busi pada mobil kita, supaya mobil tetap prima. Melansir Daihatsu, ini lho, 3 tanda busi mobil minta diganti. Apa sajakah itu? Dicatat ya, Sob.

1. Tanda Busi Minta Diganti Saat Mobil Dalam Posisi Idle

Buka Sedikit Jendela Mobil Untuk Menjaga Sirkulasi Udara. (pexels/Joshua Koller)

Saat mobil dalam posisi idle, kamu bisa memeriksa apakah ada masalah pada busi mobil kamu. Pertama, Sobat Mobimoto bisa coba merasakan, apakah suara putaran mesin cukup kasar, bahkan sampai terasa di dalam kabin mobil.

Lalu coba injak pedal gas. Kalau dirasa agak berat, bisa jadi ini adalah indikasi busi mobil yang sudah minta dipensiunkan dan diganti dengan yang barus, Sob.

2. Saat Mobil Berjalan

Ilustrasi Melewatkan Rambu Lalu Lintas. (pexels.com)

Nah, saat sedang mengemudikan mobil, kamu juga bisa memeriksa kondisi busi mobil, Sob.

Busi yang bermasalah akan mempengaruhi akselerasi mobil jadi tidak maksimal. Selain itu, mobil pun rentan mogok, lho.

3. Saat Mobil dalam Kondisi Mati

Ilustrasi Parkir di Luar Ruangan. (pexels/Jacob Morch)

Meski dalam kondisi mesin mati, kamu juga bisa mencari tahu kondisi busi mobil kamu, Sob. Caranya ya, dengan membongkar dan melihat sendiri kondisi busi pada mobil kesayangan.

Jika busi sudah berwarna kecokelatan, ini menandakan masa penggunaan busi sudah hampir habis dan segera harus diganti. Kalau warna busi masih merah atau cenderung kuning, berarti mesin mobil kamu melakukan pemanasan berlebihan, dan kamu harus memeriksa bagian pendinginan.

Tapi kalau busi kamu sudah berwarna hitam dan cenderung gosong. Itu artinya ada yang salah dengan setelan bahan bakar mobil. Apalgi jika busi sampai meleleh, itu artinya kompresi mobil kamu mengalami kebocoran.

Nah, jadi sudah tahu kan 3 tanda busi mobil kamu minta diganti? Jangan lupa dicatat ya, Sob.

BACA SELANJUTNYA

Apa Saja Pantangan untuk Pengguna Mobil Matic CVT?