Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 26 April 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Bagi para pembalap di tanah air, penting untuk mengetahui peran penting dari ban kendaraan. Peran ban dalam dunia balapan memang sangatlah vital. Apalagi di kancah balap sekelas MotoGP, di mana pemilihan ban juga menentukan perolehan prestasi pembalap tersebut. Makin sering salah pilih ban, semakin buruk hasilnya.

Hal ini diakibatkan banyaknya jenis ban yang digunakan di ajang balapan, termasuk MotoGP. Perbedaan tiap ban tersebut beraneka ragam, mulai dari berdasar tingkat kelembutan ban tersebut hingga penggunaan ban untuk sirkuit kering dan basah. Bagaimana jika salah pilih ban? Hasilnya mungkin nggak jauh-jauh beda dari video berikut ini.

Video tersebut memperlihatkan efek penggunaan ban basah pada lintasan kering. Salah pakai ban, imbasnya ban pada motor tersebut 'hancur' membuat grip pada ban tersebut tidak bisa diandalkan lagi, bahkan bisa membahayakan nyawa pembalap.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan ban lembut di lintasan yang cenderung kasar, membuat ban tersebut cepat tergerus habis dan remuk seperti ban pada video tersebut.

Jadi tak heran jika beberapa pembalap bisa terlihat dengan mudahnya tergelincir pada saat balapan gara-gara salah pilih ban. Tak cuma di MotoGP, hal ini juga berlaku di banyak ajang balapan lainnya, baik balapan mobil maupun balapan motor.

BACA SELANJUTNYA

Ingin Mengganti Ukuran Ban Mobil? Pertimbangkan Fakta Penting Ini Terlebih Dahulu