Selasa, 21 Mei 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Rabu, 10 April 2019 | 16:00 WIB

Mobimoto.com - Ban serep atau ban cadangan berfungsi untuk menggantikan ban utama ketika terjadi masalah. Tapi karena berstatus sebagai ban cadangan, biasanya banyak pemobil yang abai dan lupa untuk merawatnya, nih. Padahal ban serep harus mendapat perhatian dan perawatan juga, lho. Yuk, kita simak tips merawat ban serep yang benar dan mudah.

Melansir dari Toyota Astra, ban serep alias ban cadangan mobil, harus berada dalam kondisi yang siap siaga ketika dibutuhkan.

Jelas saja, masa sih, ketika ban utama kita mengalami masalah, ban serep juga sedang dalam kondisi yang tidak prima. Bisa-bisa malah berbahaya, Sob.

Pertama, pastikan kamu rutin mengecek alias memeriksa kondisi ban serep yang ada di mobil kamu. Periksa, apakah bagian kembang masih bagus, lalu apakah ada kebocoran atau tidak dan juga tekanan udaranya.

Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)

Dalam memeriksa tekanan udara, sebisa mungkin menggunakan alat ukur tekanan roda (tire pressure gauge).

Jika tekanan udara ban serep berkurang, isilah dengan melebihi sekitar 5 psi. Hal ini berguna untuk menjaga agar tekanan udara di ban serep tidak berkurang sampai habis.

Karena ketika lama tidak digunakan, tekanan udara di dalam ban serep akan berkurang, Sob.

Kalau kondisi fisik seperti bagian kembang yang masih bagus, tidak ada kebocoran dan tekanan udara sudah dilebihkan. Jangan lupa untuk membersihkan ban serep dengan mencuci dan mengelap secara berkala.

Bukan hanya soal penampilan ban dan kebersihan, mencuci dan mengelap ban serep jugabermanfaat untuk menjaga elastisitas ban selama tersimpan, lho.

Mudah banget kan Sob, tips merawat ban serep yang benar di atas. Ingat ya, ban serep jangan diabaikan, nanti kalau butuh dan kondisinya mengenaskan, malah bisa merepotkan.