Rabu, 17 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Senin, 18 Maret 2019 | 21:30 WIB

Mobimoto.com - Bisa berkendara dengan aman dan nyaman menjadi impian banyak orang. Postur atau posisi anggota tubuh menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam safety riding.

Seperti yang diketahui, postur tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan saat menunggangi kendaraan roda dua. Sementara anggota tubuh yang digunakan dalam berkendara meliputi: mata, pundak, siku, tangan, pinggung, lutut dan kaki.

Tujuh anggota badan tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing. Jadi harus benar-benar berada dalam posisi yang tepat.

Nah, biar tetap aman dan nyaman saat berkendara, berikut ini referensi postur ideal saat berkendara sesuai jenis tunggangan seperti yang dikutip dari laman resmi astrahonda.

1. Motor Standar

Ilustrasi pria naik motor bebe. (unsplash)

Untuk pengguna motor standar atau bebek, postur berkendara yang ideal yaitu tubuh tegak, mata lurus ke depan dan tangan sedikit menekuk. Selain itu, bagian pundak harus tetap santai, lutut menekuk, tubuh membungkuk sedikit lebih rendah dari pinggul dan kaki menempel di pijakan 90 derajat.

2. Motor Sport

Ilustrasi pria naik motor sport. (pixabay)

Motor sport mengharuskan pengendara fokus dengan pandangan mata ke depan. Perut ditempelkan pada tangki, sedangkan otot punggung bertugas menopang berat badan. Untuk bagian kaki, lutut menjepit tangki dengan posisi sedikit maju dan kaki bertumpu pada pijakan .

3. Motor Cruiser

Ilustrasi pria naik motor cruiser. (pixabay)

Pengendara motor cruiser memiliki postur yang lebih santai. Apalagi dengan pijakan kaki yang lebar sehingga memberi ruang gerak lebih bebas. Sementara posisi duduk baiknya berada di jok yang paling rendah.

Semoga bermanfaat.