Rabu, 17 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Jum'at, 15 Maret 2019 | 12:00 WIB

Mobimoto.com - Merawat mobil, tak cukup pada bagian-bagian yang terlihat aja, Sob. Komponen di dalamnya, mulai dari mesin hingga suspensi juga perlu diperhatikan. Khusus untuk suspensi mobil, bagian inilah yang memengaruhi tingkat kenyamanan. Supaya semakin nyaman, ada 3 tips merawat suspensi mobil supaya tetap nyaman digunakan.

Banyak faktor yang menunjang kenyamanan ketika berkendara dengan mobil kesayangan. Mulai dari kenyamanan di interior seperti jok yang empuk dan AC yang dingin. Hal lain yang tak kalah penting, adalah merawat suspensi, nih.

Dilansir dari Daihatsu, ada 3 tips merawat suspensi mobil supaya tetap nyaman digunakan, Sob. Biar nggak penasaran, yuk kita cari tahu bareng-bareng.

1. Hindari dan Berhati-hati Saat Melewati Jalan Berlubang

Tips berkendara di jalan rusak. (skycrapercity)

Coba carilah alternatif lain ketika hendak bepergian dengan mobil kesayangan. Sebisa mungkin, hindari jalan yang rusak, agar suspensi tidak bekerja terlalu keras, dan memperpendek usianya.

Kalaupun terpaksa melewati jalan yang rusak dan berlubang, pastikan selalu berhati-hati ya. Selain agar suspensi mobil tidak cepat rusak, berhati-hati saat meelwati jalan rusak juga untuk keselamatan diri sendiri, kok.

2. Hindari Beban Berlebih

Ilustrasi Bagasi Mobil. (Arab Woman Mag)

Ya, meskipun salah satu kelebihan yang ditawarkan mobil kamu adalah bagasi yang luas, bukan berarti kamu bisa membawa semua barang tanpa memperhitungkan bobotnya.

Membawa barang berlebih di dalam mobil, akan menambah beban kerja dari suspensi mobil kamu. Ada baiknya, jangan terlalu sering membawa muatan berlebih, kecuali memang dalam kondisi terpaksa.

3. Periksa Komponen Suspensi Mobil

Ilustrasi Komponen Suspensi Mobil. (YouTube)

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan di suspensi mobil kamu adalah karet perlindung, Sob. Karena komponen itulah yang menjaga kebersihan shockbreaker mobil kamu.

Jika karet pelindung ini sudah rusak. Kotoran akan mudah masuk ke dalam shockbreaker, sehingga kinerja suspensi mobil jadi tidak optimal.

3 tips merawat suspensi mobil supaya tetap nyaman digunakan di atas, rasanya mudah untuk dilakukan ya, Sob. Agar perjalanan di mobil tetap terasa nyaman dan menyenangkan.