Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Minggu, 23 September 2018 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pengendara mobil atau motor pasti memiliki rutinitas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) atau yang sering disebut bensin. Setiap orang pun memiliki waktu ideal isi bensin sesuai dengan kebutuhan.

Tanpa bensin kendaran tidak akan melaju dan digunakan sebagai mana mestinya. Jadi dari pada berabe dorong kendaraan, lebih baik isi bensin saat tangki menuju kosong.

Berbagai pilihan jenis bensin pun tersedia di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tinggal pilih bahan bakar sesuai selera, mau pertalite, pertamax, premium atau dexilite.

Meski begitu, tersiar informasi jika waktu yang tepat mengisi bensin adalah malam hari. Sebab konon, waktu tersebut kualitas bensin sedang bagus-bagusnya jadi tak mempengaruhi takaran.

Dikutip dari lama WeloveHonda, saat siang hari suhu bumi memanas dan menyebabkan aliran konveksi pada simpanan deposit bensin dalam tangki.

Jenis-jenis BBM. (news247.com)

Jadi kotoran bensin naik ke atas dan kualitasnya menurun. Takaran pun akan berkurang jika mengisi bensin di siang hari.

Tapi menurut sumber lain, hal tersebut tidak bisa dijadikan pembenaran alias cuma mitos.

Waktu ideal isi bensin yaitu ketika indikator bensin menunjukkan titik merah dan tangki kendaraan belum kosong. Makin banyak bahan bakar yang ada di tangki bensin, makin sedikit kemungkinan penguapan BBM.

BACA SELANJUTNYA

Ragam Macam Sumber Energi Kendaraan: Apa Bedanya BBM, Listrik, Hidrogen?