Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Jum'at, 14 September 2018 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Dalam merawat mobil, tentu saja harus dilakukan secara menyeluruh hingga ke bagian ban mobil, jika ban mobil tidak diperhatikan dan dirawat, bisa jadi membahayakan pengemudi dan juga penumpang di dalam mobil.

Dilansir dari Daihatsu Indonesia, ada 4 tips merawat ban mobil, agar performa mobil kamu tetap prima.

1. Periksa Tekanan Angin

Tire Pressure Gauge Untuk Memeriksa Tekanan Angin. (cromwell)

Tekanan angin yang tepat sangat mempengaruhi masa pakai ban mobil kamu, Sob. Cari informasi di buku manual mobil kamu, dan periksa berapa tekanan angin yang idel.

Kenapa tekanan angin harus tepat? Karena jika tekanan angin terlalu tinggi, bagian tengah tapak ban bisa cepat aus, dan sebaliknya jika tekanan anginnya kurang, berakibat aus di sisi pinggir tapak ban mobil kamu.

2. Periksa Permukaan Ban

Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)

Sempatkan untuk memeriksa permukaan ban secara singkat, perhatikan baik-baik apakah ada kejanggalan di ban mobil kamu. Bisa jadi ada bagian ban yang sudah bocor, retak, benjol atau alur ban mobil sudah halus.

Jika demikian, segera ganti dengan ban baru, agar tidak mengganggu mobil saat digunakan.

3. Rotasi Ban Secara Berkala

Rotasi Ban Secara Berkala. (biznakenya)

Merotasi ban mobil secara berkala, setidaknya setiap 10.000 kilometer agar usia keausan tiap ban merata.

Untuk mobil dengan penggerak roda depan, rotasikan ban depan secara silang ke belakang, dan ban belakang dipindah sesuai dengan posisinya.

Sedangkan untuk mobil berpenggerak roda belakang, lakukan hal sebaliknya, Sob. Rotasikan ban belakang secara silang, dan ban depan sesuai dengan posisinya.

Nah, khusus ban directional, pindahkan ban seseuai dengan posisinya alias jangan dirotasi silang, agar tidak kehilangan daya cengkeram.

4. Perhatikan Ban Serep

Periksa Ban Cadangan. (yourmechanic)

Meski berstatus ban serep atau ban cadangan, tapi yang satu ini tidak boleh luput dari perhatian kamu, lho.

Periksa tekanan angin ban serep mobil kamu, dan tambah tekanan angin sekitar 5 psi, agar saat akan digunakan tekanan anginnya sudah sesuai dengan ban mobil yang sedang digunakan.

Meski terlihat sepele, tapi jangan mengabaikan untuk memeriksa dan merawat ban mobil kamu, Sob. Supaya kondisi mobil kamu selalu siap digunakan setiap saat.

BACA SELANJUTNYA

Tips Jitu Mengingat Lokasi Parkir Mobil, Sepele tapi Berguna