Minggu, 05 Mei 2024
Gagah Radhitya Widiaseno : Sabtu, 17 Februari 2024 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ban motor, komponen vital dalam sepeda motor, ternyata punya musuh tersembunyi yang tak terduga. Dialah sabun cuci motor! Sabun dapat membuat ban kaku dan keras jika dioleskan saat mencuci motor.

Dilansir dari Wahana Honda, ban motor yang dicuci menggunakan sabun cuci motor menimbulkan bahaya dengan ciri ban kaku dan keras.

Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan daya cengkeramnya berkurang, mudah selip, dan usia ban pun jadi pendek.

Lalu, bagaimana cara membersihkan ban motor yang benar? Tenang, ada tips jitu nih:

1. Siram dengan air biasa

Air adalah sahabat terbaik ban motor. Siram ban dengan air untuk membersihkan kotoran. Gunakan selang dengan tekanan air yang bisa diatur untuk menjangkau sela-sela ulir ban. Keringkan ban dengan lap setelahnya, jangan dijemur di bawah sinar matahari.

2. Sikat Sampai Bersih

Sikat ban dengan sikat khusus untuk membersihkan kotoran dan kerikil kecil di sela-sela ulir ban. Gosok dengan perlahan tanpa menggunakan air sabun.

3. Minuman bersoda

Siapa sangka, minuman bersoda bukan hanya menyegarkan, tapi juga bisa menghitamkan ban motor lho! Caranya mudah, tinggal kuaskan minuman bersoda ke seluruh permukaan ban dan biarkan kering. Ban motormu akan kembali hitam dan berkilau!

4. Silicon Murni untuk Perawatan Maksimal

Bagi yang ingin hasil maksimal, gunakan silicon murni. Silicon menjaga kelembaban ban dan membuatnya berfungsi optimal. Ban motormu akan awet muda dan selalu siap menemanimu berpetualang.

BACA SELANJUTNYA

Mudah Taklukkan Jalan Raya, Begini Teknik Pengereman Motor yang Tepat