Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 02 September 2023 | 19:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Aki motor adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan sistem elektronik lainnya. Oleh karena itu, memilih aki motor yang tepat dan berkualitas sangatlah penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih aki motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Sesuaikan dengan tipe dan kapasitas motor Anda

Setiap motor memiliki spesifikasi aki yang berbeda-beda, tergantung pada tipe dan kapasitas mesinnya. Anda bisa mengecek spesifikasi aki motor Anda di buku manual, stiker di bawah jok, atau di situs resmi produsen motor Anda. Pastikan Anda memilih aki yang sesuai dengan spesifikasi tersebut, agar tidak terjadi masalah seperti overcharging, undercharging, atau kerusakan pada sistem elektronik.

2. Pilih jenis aki yang sesuai dengan kebiasaan berkendara Anda

Ada dua jenis aki motor yang umum digunakan, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah menggunakan elektrolit cair sebagai media penyimpanan daya listrik, sedangkan aki kering menggunakan gel atau serbuk khusus. Aki basah memiliki kelebihan dalam hal daya tahan dan kemampuan mengisi ulang, tetapi membutuhkan perawatan rutin seperti mengecek dan menambah air aki. Aki kering memiliki kelebihan dalam hal praktis dan tidak memerlukan perawatan, tetapi memiliki daya tahan yang lebih rendah dan lebih rentan terhadap suhu tinggi. Jika Anda sering berkendara jarak jauh atau di daerah panas, Anda bisa memilih aki basah. Jika Anda jarang berkendara atau lebih sering parkir di dalam ruangan, Anda bisa memilih aki kering.

3. Perhatikan tanggal produksi dan masa garansi aki

Aki motor memiliki masa pakai yang terbatas, biasanya antara 1-3 tahun, tergantung pada jenis dan kualitasnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tanggal produksi dan masa garansi aki yang Anda beli, agar tidak mendapatkan produk yang sudah kadaluarsa atau mendekati masa akhir garansinya. Anda bisa mengecek tanggal produksi aki di kemasannya atau di stiker yang menempel di bodinya. Anda juga bisa menanyakan masa garansi aki kepada penjual atau produsennya.

4. Cek kondisi fisik aki sebelum membeli

Hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum membeli aki motor adalah mengecek kondisi fisiknya secara langsung. Pastikan tidak ada kerusakan, bocor, karat, atau kotoran yang menempel di bodi atau terminal aki. Anda juga bisa mengukur tegangan aki dengan menggunakan alat ukur multimeter, untuk memastikan bahwa aki masih memiliki daya listrik yang cukup. Jika ada masalah dengan kondisi fisik atau tegangan aki, sebaiknya Anda tidak membelinya dan mencari produk lain yang lebih baik.

BACA SELANJUTNYA

Tips Agar Tak Sakit Punggung Saat Motoran Jarak Jauh