Selasa, 21 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 14 Agustus 2023 | 19:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Rangka motor yang terbuat dari bahan logam dapat mengalami karat atau korosi seiring waktu akibat paparan elemen-elemen lingkungan.

Berikut adalah beberapa sebab umum terjadinya karat pada rangka motor:

1. Air dan Kelembaban

Kelembaban udara dan air hujan adalah penyebab utama terjadinya karat pada rangka motor. Ketika rangka motor terkena air atau terpapar udara lembap, proses oksidasi besi atau baja yang ada dalam rangka dapat terjadi. Hal ini mengakibatkan pembentukan lapisan karat yang dapat merusak integritas struktural rangka.

2. Garam dan Zat Kimia

Jika Anda tinggal atau sering mengendarai motor di daerah dekat pantai, rangka motor dapat terpapar garam dan zat kimia lainnya yang ada di udara. Garam yang ada di jalan atau di udara dapat mempercepat proses korosi pada rangka motor.

3. Pelembab Udara

Dalam kondisi udara lembab, terutama di lingkungan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, pelapukan logam dapat terjadi lebih cepat. Ruang penyimpanan yang tidak terlindungi dari kelembaban juga dapat mempercepat terjadinya karat pada rangka motor.

4. Kontaminasi Kimia

Paparan terhadap zat-zat kimia seperti asam, alkali, atau bahan kimia lainnya dapat merusak lapisan pelindung pada permukaan rangka motor. Ini akan membuat logam lebih rentan terhadap korosi.

5. Cedera atau Goresan

Jika rangka motor mengalami cedera atau terkena goresan, lapisan pelindung pada permukaan rangka dapat terganggu. Area yang tergores atau terluka bisa lebih mudah terpapar elemen-elemen yang memicu korosi.

6. Kualitas Cat atau Pelapis

Kualitas cat atau pelapis yang digunakan pada rangka motor juga bisa memengaruhi seberapa cepat atau lambat terjadinya karat. Cat atau pelapis yang tidak tahan terhadap cuaca atau kondisi lingkungan tertentu dapat menyebabkan rangka motor lebih rentan terhadap korosi.

Untuk mencegah atau mengurangi risiko karat pada rangka motor, beberapa tindakan pencegahan dapat diambil. Salah satunya adalah melakukan perawatan berkala pada rangka motor dengan membersihkannya dari kotoran dan kelembaban.

Penggunaan pelapis anti-karat atau cat yang tahan terhadap kondisi eksternal juga bisa membantu melindungi rangka motor dari korosi. Selain itu, pastikan untuk menjaga motor dalam kondisi kering dan aman dari paparan zat kimia atau garam jika mungkin.

BACA SELANJUTNYA

Dinamo Starter Motor Rusak? Apa Cirinya?