Sabtu, 20 April 2024
Gagah Radhitya Widiaseno : Selasa, 28 Desember 2021 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Musim hujan tiba, sebaiknya para pemilik sepeda motor lebih perhatian dengan kendaraan kesayangan agar tetap aman.

Kondisi motor yang tidak prima bisa menyebabkan pemilik tidak aman dan nyaman ketika berkendara di musim hujan.

Selain kondisi jalan menjadi lebih licin, jarak pandang pengendara juga semakin terbatas.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro berbagi tips mengenai 7 komponen yang harus diperiksa di musim hujan.

Pengendara motor melintas saat hujan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (1/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Berikut 7 komponen yang wajib diperhatikan agar motor tetap prima saat dipakai di musim hujan seperti rilis yang diterima oleh Suara.com.

1. Busi dan Tutup Busi

Periksa kondisi busi dan tutupnya. Tutup busi yang longgar berpotensi membuat air masuk ke area pengapian.

Hal tersebut bisa membuat sepeda motor tiba-tiba mogok. Cek secara visual kedua komponen tersebut, ganti segera jika sudah nampak tanda keausan.

2. Kelistrikan

Pastikan semua komponen kelistrikan dalam kondisi baik dan terlindungi dari potensi kemasukan air.

Jangan lupa untuk memastikan lampu utama dan lampu rem bekerja dengan baik. Saat hujan turun, jarak pandang akan sangat terbatas.

Oleh karena itu dibutuhkan pencahayaan yang optimal untuk melihat kondisi jalan di depan serta sebagai tanda supaya pengendara lain menyadari ada kendaraan lain di dekatnya.

3. Komponen Pengereman

Pastikan kondisi rem dalam keadaan baik. Periksa kondisi kampas rem dan volume minyak rem agar kinerja sistem penghenti laju ini tetap optimal. Ganti kampas rem jika sudah terlihat keausannya.

4. Roda dan Bearing

Pastikan ketebalan kembangan ban roda masih dalam batas aman. Untuk mengetahuinya lakukan pemeriksaan melalui Treat Wear Indicator (TWI).

Jangan paksakan berkendara dengan kondisi ban roda yang sudah gundul karena daya cengkeram ke aspal sudah berkurang sementara saat hujan kondisi jalan akan lebih licin.

Serta pastikan bearing dalam kondisi baik. Bearing yang sudah aus akan membuat roda oblak atau goyang. Kondisi ini akan sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara serta berpotensi membuat motor sulit dikendalikan.

5. Rantai Roda

Periksa tingkat ketegangan rantai sesuai petunjuk dalam buku panduan pemilik sepeda motor. Jangan lupa lumasi rantai motor lebih sering karena air hujan yang bersifat asam bisa membuat rantai semakin
mudah berkarat.

6. Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara sebelum masuk ke ruang bakar. Kondisi filter yang kotor dan basah dapat menghambat udara yang masuk, padahal udara sangat diperlukan selama proses
pembakaran.

Kondisi filter udara yang kotor atau basah akan membuat performa motor akan berkurang dan tarikan motor jadi lebih berat. Jangan lupa untuk cek kondisi filter udara, dan gantilah sesuai dengan jadwal penggantian berkala.

7. Karet Seal Tangki Bahan Bakar

Khusus untuk sepeda motor tipe sport dan matic besar dengan posisi tutup tangki tidak berada di bawah jok, karet seal yang sudah getas atau retak-retak berpotensi mempermudah air hujan masuk ke dalam
tangki bahan bakar.

Jika hal tersebut terjadi, air akan bercampur dengan BBM dan berpotensi mengganggu proses pembakaran di mesin.

Periksa kondisi karet seal, jika sudah aus atau getas gantilah dengan yang baru.

BACA SELANJUTNYA

Mudah Taklukkan Jalan Raya, Begini Teknik Pengereman Motor yang Tepat