Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 03 Desember 2021 | 14:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Salah satu perawatan motor rutin yang paling penting adalah ganti oli. Kalau sering diabaikan, bukan hal yang mustahil jika motor mengalami kerusakan parah, bahkan hingga mogok di jalan.

Seperti yang dialami oleh pemotor yang satu ini. Melalui akun Twitter @sat***, pemotor tersebut mengaku telat servis sehingga tunggangannya yang berjenis Yamaha Mio mogok di jalan.

"Alkisah telat servis, entah motornya ada problem apa, mogok di tengah jalan. Teknisi dari bengkel menginformasikan bahwa hal ini disebabkan karena oli motor kering," tulis pengguna Twitter tersebut, Jumat (3/12/2021).

Selain itu, ia juga mengunggah potret tagihan biaya perbaikan yang mencapai hampir tiga jutaan.

Viral curhat pemotor kena biaya servis hingga jutaan. (Twitter)

"Munculah biling, mohon maaf saya tak paham apa isinya," tulisnya lagi.

Dalam nota tersebut, terlihat banyaknya sederet komponen yang diganti, seperti piston, ring piston, rantai keteng dan semacamnya.

Efek telat ganti oli ini menyiratkan adanya kerusakan di dapur pacu, membuat motor ini harus turun mesin.

"Motor gue kalau dijual harganya keknya cuma 5 juta (Mio GT 2013). Ngeliat billing-nya langsung monanges (mau nangis,-red)," pungkasnya.

Viral curhat pemotor kena biaya servis hingga jutaan. (Twitter)

Tak heran jika biaya perbaikan motor ini jadi mahal. Terkait hal itu, sederet warganet berkomentar bahwa tarif perbaikan motor ini tergolong murah mengingat banyaknya biaya perbaikannya.

"Unpopular opinion: MURAH segitu tuh Nder, jasa service cuma 255ribu Padahal ini turun mesin sampai dibelah ganti laher kruk as," tulis @Outstan***.

"Inimah 1 set engine diganti semua," kata @woyba***.

"Turun mesin ini. Motor matic emang gak boleh oli mesin sampe kering, efeknya bener bener ngerusak mesin. Masalahnya oli kering jarang ada gejala, tau tau motornya langsung mogok, kalo udah begitu kemungkinan besar bakal turun mesin," sahut @Ircha***.

BACA SELANJUTNYA

Bonceng Motor Aman dan Nyaman, 7 Poin Penting yang Wajib Diperhatikan!