Minggu, 17 Oktober 2021
Gagah Radhitya Widiaseno : Jum'at, 08 Oktober 2021 | 19:48 WIB

Mobimoto.com - Kehadiran Google Maps memang cukup membantu pengendara baik pemobil ataupun pemotor Namun khusus untuk pemotor, Google Maps dinilai belum terlalu optimal.

Hal ini lantaran pemotor tidak bisa setiap saat melihat layar smartphone untuk melakukan navigasi menggunakan Google Maps.

Tak sedikit pemotor menggunakan fitur suara untuk membantu agar tidak selalu melihat layar smartphone.

Tapi fitur ini kadang tak cukup jelas. Oleh karena itu, pihak Google Maps pun melakukan inovasi untuk membuat para pemotor lebih dimanjakan lagi.

Saat naik motor, pengemudi sudah disibukkan dengan fitur kendaraan, sehingga panduan suara penunjuk arah tidak terdengar dan kesempatan melongok map di ponsel juga terbatas. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/arthurhidden].

Google mengatakan bahwa pengendara sepeda motor benar-benar tidak perlu memeriksa Google Maps karena ponsel mereka biasanya dibawa dalam ransel atau di saku.

Melansir Autoevolution, perusahaan meluncurkan navigasi ringan, mode baru yang dibundling dengan Google Maps dan memudahkan pengendara sepeda motor untuk mendapatkan informasi penting tanpa harus melihat layar dan membuka kunci ponsel.

Dengan fitur navigasi lite, mode baru ini hanya menampilkan informasi penting langsung di layar utama. Pengguna dapat menyimak rute mereka tanpa harus masuk ke navigasi.

Namun sayang sejauh ini belum diketahui di negara mana Google akan merilis fitur ini.

Selain itu belum ada keterangan apakah fitur ini nantinya akan bisa digunakan para pengguna Google Maps di seluruh dunia.

BACA SELANJUTNYA

Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Berlubang, Wajib Tahu Nih!