Sabtu, 20 April 2024
Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 19 Juni 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Bisingnya suara yang masuk ke telinga pengendara motor rupanya berpotensi menimbulkan masalah. Kebisingan tersebut ditimbulkan oleh kecepatan angin dan suara mesin. Bentuk helm juga punya andil besar dalam kebisingan yang didengar oleh tiap pemotor.

Dilansir dari Rideapart, riset yang dilakukan oleh CDC (Ceters of Disease Control Prevention), rata-rata pengendara motor terpapar kebisingan suara hingga 95 desibel (dB). Jika kebisingan tersebut didengar secara terus menerus lebih dari 50 menit, akan ada potensi pengendara akan mengalami kerusakan pendengaran permanen

Menurut studi majalah motor asal Belanda, Promotor pada 2018, kebanyakan helm kurang efektif untuk mengurangi kebisingan.

Ilustrasi helm. (Rideapart)

Studi tersebut dilakukan dengan memilih 10 helm tertentu yang diuji dalam kecepatan 50km/jam, 100km/jam dan 150 km/jam.

Ternyata dengan catatan terbaik hanya mereduksi kebisingan hingga 85 dB pada 50km/jam, serta 100 dB pada 100 km/jam. Rata-rata seluruh helm yang diuji membuat suara menjadi 88 dB pada 100km/jam.

Pelindung dagu pada helm full face rupanya tak cuma berfungsi sebagai pemecah angin, tetapi juga mengurangi angin yang masuk ke dalam helm sehingga kebisingan dapat tereduksi.

Tak cuma itu, helm yang memiliki karet landasan kaca helm juga punya andil besar dalam meredam suara. Lalu ventilasi helm juga berpengaruh. Ventilasi helm dengan desain yang memnuat udara terperangkap juga bakal meningkatkan kebisisngan.

BACA SELANJUTNYA

Tips Servis Motor sebelum Mudik, Apa yang Harus Diperiksa?