Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno : Jum'at, 06 Maret 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sebelum kehadiran ojek online (ojol), bajaj menjadi salah satu pilihan transportasi umum. Bahkan bajaj menjadi salah satu transportasi ikonik di Jakarta kala itu.

Bajaj memang tak mampu melaju kencang layaknya transportasi umum yang lainnya. Dalam kondisi standar, angkot tiga roda ini hanya memiliki tenaga tak kurang dari 10 dk dengan kecepatan maksimum sekitar 56 km/jam.

Namun bagaimana jika sebuah bajaj dibikin bertenaga dengan ubahan yang gila. Seperti yang dilakukan oleh Youtuber asal Inggris, Colin Furze.

Pria ini mengubah bajaj dengan melakukan swap engine dengan mesin 600 cc. Kawasaki Ninja 250 dibikin gemetaran nih kalau begini. 

Honda CBR600RR sebagai bahan baku (Youtube/colinfurze)

Mesin yang ia gunakan adalah mesin Honda CBR600RR.  Mesin moge tersebut memiliki tenaga mencapai 100 dk atau 10 kali lipat dari tenaga mesin bawaan bajaj.

Proses modifikasi tersebut dilakukan di garasi rumahnya. Bajaj dan Honda CBR600RR sudah disiapkan di garasinya sebagai bahan baku.

Untuk memasang mesin moge tersebut ke Bajaj tentu bukan perkara mudah. Sejumlah penyesuaian dilakukan. Misalnya, dengan memperkuat frame untuk dudukan mesin. Selain itu ia juga harus melubangi jok belakang karena dimensi mesin yang besar.

Bajaj yang sudah ditanamkan mesin Honda CBR600RR (Youtube/colinfurze)

Selanjutnya kabel kelistrikan, kabel kopling, hingga mekanisme transmisi, juga diatur ulang jalurnya supaya bisa sesuai dengan sistem kemudi Bajaj.

Modifikasi lain yang dilakukan adalah dengan penambahan roll bar di bagian rangka dalam, termasuk mengganti ukuran roda lebih besar.

Penasaran dengan videonya, klik foto disini.

Bajaj bertenaga Honda CBR600RR (Youtube/colinfurze)

 

BACA SELANJUTNYA

Yamaha dan Kawasaki Jalin Kerja Sama untuk Kembangkan Motor Hidrogen