Kamis, 18 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Selasa, 25 Februari 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tingginya biaya impor di India membuat barang-barang yang didatangkan dari berbagai negara punya harga yang sulit terjangkau. Termasuk harga motor buatan Amerika Serikat (AS), Harley-Davidson (HD).

Akibatnya, negeri Bollywood tersebut mendapatkan kritik dari presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ia pun menyerukan agar India menurunkan pajak impor agar harga HD bisa lebih terjangkau.

Dilansir dari Visordown, pajak tersebut turun dari yang mulanya 100% menjadi 50%. Namun tentu saja hal tersebut tak mendatangkan keuntungan bagi HD sendiri, sebab banyak rival-rival HD yang juga kebagian untukng, seperti Triumph dan juga Indian Motorcycles.

Namun Pemerintah India tak kehilangan akal. Walaupun mereka menurunkan pajak impor utuh (CBU), mereka justru malah menaikkan tarif perakitan (CKD) dari 10% menjadi 15%.

Kebijakan ini justru mempengaruhi banyak produk-produk dari HD.

Harley-Davidson cafe racer. (rideapart.com)

Jika ditelisik lebih jauh, HD cuma menjadi pion bagi kebijakan-kebijakan Donald Trump yang tengah perang tarif dengan beberapa negara baik di Asia dan juga Eropa.

Selain itu, walaupun terkesan mendapat bantuan berupa campur tangan dari Pemerintah AS, namun nyatanya penjualan HD untuk pasar domestik tetap menurun 25% di 7 tahun terakhir.

BACA SELANJUTNYA

Taklukkan Jalan dengan Motor Injeksi: 5 Tips Perawatan Jitu