Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 18 September 2019 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sudah menjadi tanda 'paten', di mana saat bagian dalam mesin terdapat cairan kental berwarna putih, hampir bisa dipastikan bahwa mesin tersebut kemasukan air.

Kasus serupa kerap terjadi apalagi jika kendaran sempat tergenang air, karena banjir misalnya.

Namun bukan karena banjir, seorang warganet curhat di media sosial bahwa motornya menjadi korban orang iseng.

Dalam curhatan tersebut, ia menyertakan foto mesin yang terdapat cairan putih seperti susu, tanda mesin motornya kemasukan air.

Dalam postingan tersebut, warganet satu ini mengaku bahwa motornya sempat menginap di Kantor Polisi selama lima hari. Namun ia tidak membeberkan lokasi dari "tempat penginapan" tersebut.

Mesin motor yang diisi air oleh orang 'iseng'. (Facebook)

"Mbah penyebabnya apa ya Mbah? Motor nginep di Polsek 5 hari . Dan 3 hari sebelum masuk Polsek udah ganti oli. Itupun motor cuma dua kali dipakai dengan jarak kurang dari 3km ." ujarnya pada unggahan tersebut.

Tak mau dituduh bohong, ia kekeh mengatakan bahwa kisahnya bukan cuma isapan jempol. Ia berujar bahwa dirinya sempat mendapati sebuah gelas plastik air mineral di sekitar motor sesaat sebelum ia ambil.

"Saat di Polsek, di bawah tangki motor saya ada gelas plastik air mineral. Terus posisi karburator copot dari manifold. Dari situ saya sudah mikir yang aneh-aneh..." tulis pemilik motor yang berjenis Satria FU tersebut.

Mesin motor yang diisi air oleh orang 'iseng'. (Facebook)

Tak cuma itu, ia juga menuturkan bahwa saat itu cuaca sedang cerah tidak dilanda hujan, sehingga kemungkinan adanya mesin bocor dan kehujanan bisa dianulir.

Selain itu, saat motornya hendak "menginap", pemilik motor tersebut menyempatkan diri untuk mencopot CDI (Capacitor Discharge Ignition atau perangkat pengapian).

Mesin motor yang diisi air oleh orang 'iseng'. (Facebook)

"CDI sudah saya amankan saat motornya dibawa kesana." tulisnya di kolom komentar.

Curhatan warganet satu ini seolah-olah menjadi hal yang lumrah dan tidak mengherankan. Banyak warganet yang menuturkan bahwa mereka juga pernah menjadi korban tangan jahil saat motor mereka mengalami peristiwa serupa.

"Buat pelajaran juga, kalau motor abis nginep di Polsek, karbu dan CDI cabut, pulangnya angkut pake mobil bak aja. Sampe rumah baru cek oli. Kuras pake oil flush kalau males buka bak kopling." ujar Janoko Lintang Pratama.

"Isengnya jahat bgt, kudu dikuras itu. Coba aja intip dari lubang indikator oli. Pasti putih susu." ujar Harun Ar-rasyid.

BACA SELANJUTNYA

Tips Memilih Aki Motor, Apa yang Harus Diperhatikan?