Sabtu, 20 April 2024
Angga Roni Priambodo : Selasa, 20 Agustus 2019 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Membayangkan diri mengaspal di trek seperti driver balap Formula One atau F1? Ya, mengapa tidak? Hanya jet darat tidak tersedia, sehingga perlu diganti karung. Begitu juga soal roda, karena tidak ada, maka setiap peserta mesti ngesot. Lucu? Sudah pasti.

Itulah segi edukasi sekaligus inovasi dari acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan NKRI yang kerap disebut sebagai lomba 17 Agustusan. Balap karung masuk acara favorit, bersama dengan lomba makan krupuk.

Sementara, di Kompleks Istana Kenegaraan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, menjelang Detik-detik Peringatan HUT Kemerdekaan NKRI dan sesudahnya, tersedia spot foto menarik yang menampilkan dua Cadillac kepresidenan dari era sebelum Presiden Joko Widodo.

Inilah lima hal paling menarik dari sektor otomotif yang dipetik mulai hari peringatan Kemerdekaan Indonesia, sampai akhir pekan, Minggu (18/8/2019).

1. Selain Mobil Presiden Jokowi, Ada Dua Lagi di HUT Kemerdekaan RI ke-74

Mobil yang membawa Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Ibu Mufidah Jusuf Kalla memasuki halaman Istana Merdeka sebelum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tersebut mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju [ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc].

Saat menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan NKRI ke-74 (17/8/2019), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir mengendarai Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine menuju Istana Merdeka di Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Uniknya, selain Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine, di lokasi Kompleks Istana Kepresidenan juga diparkir dua unit mobil kepresidenan era Presiden Soeharto.

Baca selengkapnya

2. Peringati Hari Kemerdekaan RI, Purwakarta Gelar Pawai Mobil Hias

Sejumlah warga mengikuti karnaval mobil hias kemerdekaan di jalan RE Martadinata, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019). Peserta karnaval dengan berbagai kreasi kendaraan hias berasal dari instansi pemerintah, kelompok seni, masyarakat dan perusahaan swasta dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI [ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj].

Beragam mata acara memperingati hari kemerdekaan NKRI diperingati di seluruh penjuru Tanah Air. Beberapa yang populer antara lain adalah karnaval busana para pejuang serta busana tradisional, panjat pinang, serta makan kerupuk. Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa Barat mengadakan pawai mobil hias untuk momentum ini.

Dikutip dari kantor berita Antara, parade mobil itu dilangsungkan di wilayah perkotaan Purwakarta.

Baca selengkapnya

3. Inovatif dan Edukatif, Balap Karung 17 Agustusan Pakai Helm

Sejumlah peserta beradu cepat dalam lomba balap karung helm di lapangan RT 02 dan 03/04, Desa Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019). Lomba balap karung helm ini diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI [ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc].

Helm, peranti pelindung kepala untuk kegiatan bersepeda motor sampai balap kaliber dunia Formula One (F1) serta MotoGP ternyata memiliki makna yang lebih luas. Yaitu digunakan sebagai salah satu persyaratan ikut serta lomba 17 Agustusan. Yaitu acara seru mulai tingkat Rukun Tetangga (RI) di seantero Tanah Air, dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-74.

Dikutip dari kantor berita Antara, paling tidak ada tiga area penyelenggaraan lomba balap karung menggunakan peranti safety kepala bernama helm ini. Yaitu di Desa Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Dusun Banjarsari, Desa Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sampai Way Tatan, Kota Bandarlampung.

Baca selengkapnya

4. Peringati HUT NKRI di Bogor dan Borobudur, HDCI Dukung Program Presiden

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh].

Presiden NKRI Joko Widodo atau Jokowi tampil di Sidang Umum Bersama DPR/MPR pada Jumat lalu (16/8/2019) dan menyampaikan pidato kenegaraan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-74.

Dalam kesempatan itu, ia menegaskan bahwa Indonesia tidak gentar menghadapi persaingan global. Sumber daya manusia (SDM) yang unggul memiliki kreativitas, inovasi dan kecepatan untuk bersaing secara global sehingga mampu melompati bangsa-bangsa lain di dunia. Tercakup di dalamnya adalah pembuatan mobil listrik serta pengembangan bahan baku baterai listrik milik Tanah Air.

Baca selengkapnya

5. Rayakan HUT RI ke-74, Festival Merah Putih Mitra Gojek Tembus 250 Kota

Sejumlah Mitra Pengemudi antre untuk mendapatkan jaket berlogo baru Gojek saat Festival Apresiasi Mitra di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/8/2019). Festival Apresiasi Mitra itu untuk memberikan apresiasi kepada mitra Gojek sekaligus mengenalkan logo dan membagikan jaket baru [ANTARA FOTO/Didik Suhartono/ama].

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perusahaan decacorn Indonesia, Gojek merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan NKRI ke-74 dengan cara spesial. Yaitu melibatkan seluruh mitra pengemudinya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Paling tidak, jumlahnya tembus 50 ribu orang. Dikemas dalam nama Festival Merah Putih Mitra Gojek.

Dikutip dari kantor berita Antara, penyelenggaraan acara ini berlangsung serentak di 256 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca selengkapnya

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

BACA SELANJUTNYA

4 Meme Otomotif ala Upin dan Ipin, Hidup Anak Motor Keras Slurr!